Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Human Error Dominasi Penyebab Kecelakaan, Pengusaha Truk Canangkan Kampanye Keselamatan

Kampanye tersebut akan dilakukan dengan menambah wawasan kepada pengemudi truk untuk selalu menerapkan prinsip keselamatan dalam berkendara.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 09 Agustus 2021  |  19:23 WIB
Ilustrasi. - JIBI
Ilustrasi. - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) DPD Jawa Tengah dan Yogyakarta mencanangkan tahun ini sebagai tahun kampanye keselamatan seiring dengan tingginya faktor human error sebagai penyebab utama kecelakaan pengemudi truk.

Wakil Ketua Aptrindo Jateng & DIY Bambang Widjanarko mengatakan bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan, KNKT, dan Korlantas Polri untuk merealisasikan kampanye keselamatan.

Kampanye tersebut akan dilakukan dengan menambah wawasan kepada pengemudi truk untuk selalu menerapkan prinsip keselamatan dalam berkendara.

“Beberapa waktu lalu kami telah memohon kepada Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub dan Ketua KNKT agar memberikan upgrading terhadap para pengemudi truk yang tergabung dalam Aptrindo Jateng dan DIY di Semarang, baik berupa teori maupun praktek lapangan meliputi skill, attitude, dan knowledge seputar berlalu lintas menggunakan truk,” ujarnya melalui siaran pers, Senin (9/8/2021).

Bambang menuturkan, pihaknya merasa prihatin karena faktor human error masih mendominasi dalam berbagai kasus kecelakaan yang melibatkan truk.

Oleh karenanya, dia merasa perlu untuk memberitahukan cara pembuatan sistem manajemen keselamatan (SMK) dan manajemen risiko perjalanan yang baik.

Dia berharap, pengemudi mampu mengenali fungsi dan cara menggunakan segala peralatan berteknologi tinggi yang terdapat pada kendaraan truk secara baik dan optimal.

"Namun karena situasi belum memungkinkan untuk mengadakan acara yang mengumpulkan orang banyak, maka untuk sementara kami lakukan soft launching secara simbolis dulu bersama Dirjen Perhubungan Darat,” imbuhnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia Keselamatan Berkendara
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top