Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anggaran Jumbo Pendidikan Rp500 Triliun, Menkeu Akui Belum Efektif

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menilai anggaran pendidikan yang cukup besar hingga 20 persen dari APBN, dirasakan belum berkualitas.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 04 Agustus 2021  |  12:17 WIB
Sejumlah pelajar terpaksa berjalan kaki untuk kemudian berganti kendaraan menuju sekolah saat melewati jalan yang ambles di Desa Tenogo, Paninggaran, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (23/1/2019). - ANTARA/Harviyan Perdana Putra
Sejumlah pelajar terpaksa berjalan kaki untuk kemudian berganti kendaraan menuju sekolah saat melewati jalan yang ambles di Desa Tenogo, Paninggaran, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (23/1/2019). - ANTARA/Harviyan Perdana Putra

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa pemerintah telah menganggarkan dana pendidikan sesuai dengan amanat konstitusi.

Undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan minimal 20 persen dari APBN.

“Dalam beberapa tahun terakhir ini, anggaran pendidikan ada di sekitar Rp500 triliun,” katanya pada sambutan webminar, Rabu (3/8/2021).

Sri Mulyani menjelaskan bahwa dana tersebut tidak semuanya untuk satu kementerian. Alokasi tersebut beberapa di antaranya terbagi atas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, serta lembaga penelitian.

Sebagian besar, tambah Sri Mulyani, dana pendidikan dialokasi untuk daerah dalam bentuk bantuan operasional sekolah dan gaji guru.

“Ini yang menyebabkan kalau sumber daya manusia penting, mustinya tidak berhenti hanya dengan mengatakan anggaran banyak dan pasti menyelesaikan masalah. Ternyata tidak,” jelasnya.

Oleh karena itu, dia melihat perlu upaya dan kerja bagaimana caranya dana pendidikan bisa diterjemahkan dalam bentuk yang berkualitas di Indonesia.

“Yang memang bisa menghasilkan manusia yang produktif, inovatif, berkarakter kebangsaan, dan akan menjadi manusia yang bisa membawa Indonesia yang adil dan makmur seperti yang dicita-citakan,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sri mulyani dana pendidikan dana pendidikan
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top