Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Efek PPKM Level 4, Inflasi Inti Juli 2021 Melambat Jadi 0,07 Persen

Menurut BPS, komoditas yang menghambat inflasi pada komponen inti adalah emas perhiasan yang memberikan andil terhadap inflasi inti sebesar 0,01 persen.
Seorang  pegawai toko emas di Pasar Sentral Antasari Banjarmasin, Kalimantan Selatan sedang menyusun emas perhiasan Senin (1/10/2018)./Bisnis-Arief Rahman
Seorang pegawai toko emas di Pasar Sentral Antasari Banjarmasin, Kalimantan Selatan sedang menyusun emas perhiasan Senin (1/10/2018)./Bisnis-Arief Rahman

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan komponen inti pada Indeks Harga Konsumen (IHK) mengalami inflasi sebesar 0,07 persen secara bulanan (month-to-month/mtm).

Kepala Badan Pusat Statistik Margo Yuwono mengatakan peningkatan inflasi inti pada Juli 2021 tersebut melambat jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

“Terlihat pada juli 2021 inflasi inti secara bulanan 0,07 persen, dilihat polanya sampai Mei 2021 naik, tapi ke Juli 2021 mengalami penurunan, namun masih positif,” katanya dalam konferensi pers virtual, Senin (2/8/2021).

Margo menjelaskan, jika dilihat berdasarkan komoditasnya, obat dengan resep memberikan andil sebesar 0,003 persen dan sabun deterjen memberikan andil sebesar 0,02 persen.

Sementara itu, komoditas yang menghambat inflasi pada komponen inti adalah emas perhiasan yang memberikan andil terhadap inflasi inti sebesar 0,01 persen.

Pada komponen lainnya, BPS mencatat inflasi harga bergejolak atau volatile food pada Juli 2021 tercatat sebesar 0,14 persen. Komoditas pendorongnya yaitu cabai rawit, tomat, cabai merah, bawang merah, sawi, dan tahu mentah.

Di samping itu, komponen harga yang diatur pemerintah atau administered price pada Juli 2021 juga mencatat inflasi sebesar 0,05 persen.

“Penyumbang inflasi pada komponen administered price adalah rokok kretek filter dengan andil terhadap inflasi sebesar 0,01 persen,” jelasnya.

Adapun, IHK pada Juli 2021 tercatat mengalami inflasi sebesar 0,08 persen. Secara tahun kalender, tingkat inflasi pada Juli 2021 tercatat mencapai 0,81 persen (year-to-date/ytd) dan secara tahunan mencapai 1,52 persen (year-on-year/yoy).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper