Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Oil Man of Indonesia John S. Karamoy Tutup Usia

Berdasarkan laporan yang diterima Bisnis, John S. Karamoy meninggal dunia pada Rabu (28/7/2021) pukul 00.05 WIB dalam usianya yang ke-84 tahun di Rumah Sakit Siloam Simatupang Jakarta.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 28 Juli 2021  |  07:26 WIB
Oil Man of Indonesia John S. Karamoy Tutup Usia
John S. Karamoy - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Berita duka dikabarkan datang dari industri minyak dan gas bumi (migas) Tanah Air. Pendiri dari Medco Energi John Sadrak Karamoy tutup usia.

Berdasarkan laporan yang diterima Bisnis, John S. Karamoy meninggal dunia pada Rabu (28/7/2021) pukul 00.05 WIB dalam usianya yang ke-84 tahun di Rumah Sakit Siloam Simatupang Jakarta.

Jenazah John rencananya dikebumikan pada hari ini pukul 12.00 WIB di kompleks pemakaman San Diego Hills Karawang Barat.

Semasa hidupnya, John dikenal sebagai salah satu pentolan di dunia migas dalam negeri maupun mancanegara. Dia bahkan dijuluki sebagai Oil Man of Indonesia karena kiprahnya yang telah malang melintang di dunia pertambangan migas.

John mengawali kariernya di dunia pertambangan migas pada November 1955 di PT Stanvac, salah satu perusahaan minyak asal New Jersey, Amerika Serikat. Kala itu John bekerja sebagai buruh pengeboran.

Anak kedua dari pasangan Pangau Jonas Karamoy dan Romiana Kenasin itu lantas mendapatkan kesempatan untuk mengenyam pendidikan di Institut Teknologi Bandung pada 1957. Karier John terus melesat sampai akhirnya berlabuh di Huffco Indonesia.

Mimpinya untuk mendirikan perusahaan migas swasta karya anak bangsa kemudian diwujudkan dengan mendirikan Medco Energi bersama dengan Arifin Panigoro.

Selain berkiprah di bisnis migas, John juga aktif dalam organisasi migas seperti Indonesian Petroleum Association (IPA), American Chambers (AmCham) Indonesian Chapter, dan Asosiasi Perusahaan Minyak dan Gas (Aspermigas).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

medco meninggal dunia
Editor : Lili Sunardi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top