Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pendapatan Rumah Tangga China Melambat, Berpotensi Membebani Ritel

Penjualan ritel diyakini bisa lebih buruk karena penjualan ponsel, mobil, dan tiket maskapai penerbangan berkinerja sangat buruk pada bulan-bulan sebelumnya.
Kantor pusat People's Bank of China di Beijing/ Bloomber - Qilai Shen
Kantor pusat People's Bank of China di Beijing/ Bloomber - Qilai Shen

Bisnis.com, JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi China pada kuartal kedua tahun ini melambat meski secara keseluruhan masih cukup tangguh, yakni di angka 7,9 persen.

Namun, pendapatan rumah tangga tidak tumbuh secepat ekonomi, yang akan terus membatasi seberapa banyak konsumsi dapat pulih. Biro Statistik Nasional mengatakan pertumbuhan pendapatan rumah tangga sebesar 12,0 persen year-on-year pada semester pertama 2021, yang berarti pertumbuhan rata-rata dua tahun sebesar 5,2 persen.

"Sedikit lebih lambat dari pertumbuhan ekonomi tetapi secara umum tetap pada kecepatan yang sama," kata Brio Statistik dalam keterangan tertulisnya, Kamis (15/7/2021).

Dilansir Bloomberg, Kementerian Perdagangan mengatakan pekan lalu bahwa mereka memperkirakan penjualan ritel hanya tumbuh 5 persen per tahun pada periode 2021-2025, jauh di bawah level prapandemi.

"Penjualan ritel bisa lebih buruk karena ponsel, mobil, dan maskapai penerbangan berkinerja sangat buruk pada bulan-bulan sebelumnya," kata Helen Qiao, Kepala Ekonom China Raya di Bank of America Securities.

Sementara itu, data kuartal kedua menunjukkan Beijing dapat dengan nyaman memenuhi target pertumbuhannya lebih dari 6 persen untuk tahun ini, dan terus mendorong pasar global untuk komoditas dan barang industri.

Rebound yang lebih kuat dari perkiraan dalam penjualan ritel didukung oleh restoran dan layanan katering, yang naik hampir 30 persen, meskipun terangkat oleh kontraksi pada bulan yang sama tahun lalu.

Bank sentral pekan lalu memicu kekhawatiran tentang prospek pertumbuhan dengan langkah mengejutkan untuk memotong jumlah uang tunai yang harus disimpan bank sebagai cadangan, meningkatkan spekulasi kembalinya stimulus kebijakan.

Pengurangan rasio persyaratan cadangan (RRR), yang mulai berlaku pekan ini, membebaskan sekitar 1 triliun yuan (US$ 155 miliar) dalam likuiditas yang dapat digunakan untuk meningkatkan pinjaman.

"Data China pada Juni mengurangi kekhawatiran atas pelambatan penting setelah pemotongan RRR minggu lalu,” kata Michelle Lam, ekonom China terkemuka di Societe Generale di Hong Kong.

Menurutnya, perubahan kebijakan baru-baru ini tampaknya bersifat preemtif, karena tekanan ke bawah pada pertumbuhan akan terus meningkat mengingat dorongan kredit yang berkurang.

People's Bank of China juga menggulirkan sebagian dari pinjaman kebijakan jangka menengah yang akan jatuh tempo, sebuah langkah yang menegaskan niatnya untuk menjaga kebijakan moneter sebagian besar tidak berubah.

Yuan offshore memperpanjang penurunan, jatuh 0,2 persen menjadi 6,4714 per dolar. Obligasi pemerintah berjangka 10 tahun turun 0,37, terbesar sejak Mei.

Investasi infrastruktur melambat pada semester pertama menjadi 2,4 persen berdasarkan rata-rata dua tahun, dari 2,6 persen dalam lima bulan pertama tahun ini, terbebani oleh lambatnya penerbitan penjualan obligasi pemerintah daerah. Pertumbuhan investasi manufaktur menguat menjadi 2 persen dari 0,6 persen pada basis tersebut, sementara pengetatan kredit untuk pengembang properti membatasi investasi di sektor tersebut.

Ekonomi diperkirakan akan terus melambat karena stabil dari kemerosotan bersejarah tahun lalu dan pemulihan yang cepat. Perdana Menteri Li Keqiang menyerukan catatan hati-hati minggu ini tentang prospek ekonomi, memperingatkan negara itu perlu mempersiapkan risiko siklus dan membuat penyesuaian kontra-siklus.

Perekonomian China yang moderat mengirimkan peringatan ke seluruh dunia tentang seberapa tahan lama pemulihan akan berjalan dan menimbulkan pertanyaan tentang pengetatan stimulus.

Menteri Keuangan di G20 baru-baru ini menyoroti ancaman varian baru virus Corona dan kecepatan vaksinasi yang tidak merata yang mungkin merusak prospek cerah ekonomi dunia.

Namun demikian, tidak semua analis yakin dengan pernyataan bank sentral bahwa pemotongan rasio cadangan wajib tidak mewakili perubahan arah kebijakan.

Becky Liu, kepala strategi makro China di Standard Chartered Plc di Hong Kong, mengatakan ekonomi membutuhkan lebih banyak dukungan dan mungkin ada lebih banyak pemotongan RRR yang akan datang.

"Pertumbuhan China lumayan, tetapi tidak cukup baik, dan ekonomi kemungkinan akan lebih moderat dari sini. Pasar meremehkan tekad bank sentral untuk melonggarkan kebijakan moneter dan mendukung pertumbuhan, pemotongan RRR adalah sinyal yang jelas bahwa China telah memasuki siklus pelonggaran. RRR tidak pernah salah, dan saya berharap PBOC akan mengurangi RRR lagi pada akhir tahun," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper