Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonom Dorong Gerakan Tarik Rem Darurat, Demi Hindari Tragedi Kemanusiaan

Ekonom Senior Vivi Alatas menyatakan menarik rem darurat dimaksudkan untuk menghindari tragedi kemanusiaan.
Ekonom Bank Dunia Vivi Alatas/Twitter
Ekonom Bank Dunia Vivi Alatas/Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - Ekonom Senior Vivi Alatas mengatakan bahwa Covid-19 tidak jelas kapan akan berakhir. Langkah darurat perlu dilakukan agar pandemi yang telah merenggut banyak korban jiwa segera berakhir.

“Kapal tidak bisa dibiarkan karam. Sudah terlalu banyak warga harapan bangsa menjadi korban,” katanya dikutip dari akun Twitter pribadi, Senin (28/6/2021).

Vivi, mantan ekonom senior Bank Dunia yang kini menjadi CEO Asakreativita, menjelaskan bahwa kelelahan yang dialami petugas kesehatan mulai dari dokter, perawat, hingga penggali kubur tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

“Sekarang saatnya tarik rem darurat. Hindarkan Indonesia dari tragedi kemanusiaan,” jelasnya.

Melalui akunnya, Vivi meminta warganet menyebarkan video-video yang dia unggah terkait dengan imbauan tarik rem darurat. Salah satu yang dilihat Bisnis, adalah video yang menampilkan beberapa tokoh nasional.

“Kita harus mencari cara-cara baru. Sebab seperti kata Albert Einsten, mengulang-ngulang hal yang sama tapi mengharapkan hasil yang berbeda adalah ketidakwarawasan,” ucap Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Alissa Wahid dalam video yang diunggah di YouTube tersebut.

Masih dalam video yang sama, Peneliti ISEAS Singapura dan Universitas Manchester Yanuar Nugroho menerangkan bahwa situasi yang dihadapi Indonesia diakuinya berat.

“Tapi tidak ada ekonomi yang pulih tanpa keberhasilan menangani kesehatan, yakni mengendalikan pandemi,” terangnya.

Oleh karena itu, semua pihak harus bekerja sama. Presiden diminta menunjukkan keberanian dan kasihnya. Pelarangan dan sanksi harus dipertegas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper