Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AP II: Vaksinasi Covid-19 Jadi Game Changer Sektor Penerbangan

AP II menilai vaksinasi Covid-19 yang dilakukan terhadap 16.000 orang komunitas bandara menjadi game changer bagi sektor penerbangan.
Ilustrasi. Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. /Bisnis.com
Ilustrasi. Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) menilai vaksinasi Covid-19 menjadi game changer bagi sektor penerbangan dalam upaya memperkuat perlawanan terhadap Covid-19 dan mendukung terwujudnya kekebalan kelompok (herd immunity) di Indonesia.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan per 18 Juni 2021, jumlah anggota komunitas bandara AP II yang telah divaksinasi mencapai sekitar 16.000 orang, terdiri dari para staf bandara yang bertugas sebagai aviation security, customer service, teknisi, cleaner, personel keamanan publik, mitra usaha, terminal inspection services, operator in charge, Rescue and Fire Fighting Services (RFFS), Apron Movement Control (AMC), ground handling, dan sebagainya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang memberikan dukungan penuh khususnya terkait ketersediaan vaksin, sehingga komunitas bandara AP II sebagai petugas pelayanan publik dapat menjalankan program vaksinasi dengan baik,” kata Awaluddin dalam siaran pers, Kamis (24/6/2021).

Dia menjelaskan vaksinasi sudah dilakukan terhadap sekitar 90 persen anggota komunitas bandara AP II, baik untuk suntikan dosis pertama dan dosis kedua. Program vaksinasi saat ini masih terus berlanjut sehingga dapat semakin memperkuat protokol kesehatan di tengah pandemi.

Dari 20 bandara AP II, lanjutnya, vaksinasi terbanyak dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta, yakni mencapai sekitar 12.000 orang atau 75 persen dari sekitar 16.000 orang yang sudah divaksinasi di 20 bandara AP II.

Awaluddin menuturkan Bandara Soekarno-Hatta memiliki sentra vaksinasi di Terminal 1A yang dijalankan secara profesional, sehingga dapat dengan lancar menjalankan vaksinasi terhadap belasan ribu orang komunitas bandara.

Pada 29-30 Juni 2021, sentra vaksinasi Terminal 1A kembali akan menggelar vaksinasi bagi sekitar 2.000 orang anggota komunitas Bandara Soekarno-Hatta.

Sentra vaksinasi Terminal 1A pada Maret 2021 juga sempat dikunjungi oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Di dalam kesempatan itu, Menkes mengagumi operasional sentra vaksinasi Terminal 1A.

Adapun sentra vaksinasi Terminal 1A Bandara Soekarno-Hatta saat ini tengah disiapkan dibuka untuk umum dalam rangka mendukung percepatan vaksinasi bagi masyarakat, sejalan dengan ditetapkannya bandara dan pelabuhan sebagai salah satu pusat vaksinasi oleh Kementerian Kesehatan.

#ingatpesanibu, #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper