Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tak Terpengaruh Diskon Pajak, Hankook Klaim Kinerja Stabil

Hankook Tire mengklaim sejak awal 2021 hingga Juni, penjualan ban Hankook telah mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Hankook Tire. /Reuters
Hankook Tire. /Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — PT Hankook Tire Sales Indonesia menyatakan pembebasan PPnBM yang berlaku sejak Maret 2021 tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perseroan. Pasalnya, perusahaan ban yang menjadi mitra OEM untuk model Toyota Sienta dan Daihatsu Ayla di Indonesia ini mengklaim roda bisnis telah berjalan stabil sejak awal tahun.

Seperti diketahui, pemerintah merencanakan perpanjangan periode pembebasan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sebesar untuk mobil baru 1.500 cc hingga Agustus 2021. Sebelumnya pemerintah mematok periode diskon PPnBM 100 persen pada periode Maret-Mei, sedangkan Juni–Agustus hanya 50 persen.

National Sales Manager Hankook Tire Sales Indonesia Apriyanto Yuwono mengatakan kendati tak besar pengaruhnya bagi perusahaan, kebijakan relaksasi PPnBM tetap berhasil membuat permintaan kendaraan roda empat secara nasional meningkat signifikan.

"Untuk itu kami tetap berharap kebijakan relaksasi PPnBM pada industri otomotif ini dapat menggairahkan kembali daya beli masyarakat terhadap produk otomotif lainnya," kata Apriyanto kepada Bisnis, Senin (21/6/2021).

Dia menyebut ke depannya kebijakan itu tentu akan ikut berdampak positif terhadap industri penunjang, termasuk industri ban.

Menurut Apriyanto sejak awal 2021 hingga Juni, penjualan ban Hankook telah mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pandemi Covid-19 yang dimulai sejak kuartal II/2020, sempat menyebabkan penurunan permintaan pasar ban serta berpengaruh juga terhadap kegiatan operasional pabrik.

"Meskipun begitu, berbagai alternatif strategi bisnis tetap diupayakan oleh kami agar kinerja bisnis dapat terus meningkat tanpa berpaku pada penjualan kendaraan saja," ujarnya.

Apriyanto mencontohkan pada tahun kedua pandemi saat ini, perseroan memberikan peluang untuk terus memperluas kemitraan dengan mitra-mitra yang memiliki visi dan misi yang sama.

Pihaknya melihat pelaku industri semakin beradaptasi dalam mengendalikan situasi dan fokus menciptakan inovasi atau model bisnis baru. Selain itu, sejumlah strategi lain pun terus dijalankan untuk memperkuat posisi bisnis di Indonesia.

Adapun President Director PT Hankook Tire Sales Indonesia Yoonsoo Shin sebelumnya mengatakan sepanjang 2019-2020 utilisasi pabrik Hankook sebesar 10 juta unit, dengan pembagian distribusi lebih kurang 90 persen ke pasar ekspor. Sisanya, Hankook menyuplai untuk pasar domestik dengan mengandalkan segmen aftermarket.

Hankook saat ini tercatat menjadi mitra original equipment manufacturer (OEM) bagi 46 manufaktur otomotif kenamaan di pasar seperti Mercedes-Benz, BMW, Ford, GM, Porsche, dan Audi. Sementara untuk pasar domestik, Hankook menjadi mitra OEM untuk model Toyota Sienta dan Daihatsu Ayla.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ipak Ayu
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper