Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Fokus Pemulihan, Perbaikan Kilang Balongan dan Cilacap Belum Dimulai

Tiga bulan setelah insiden di Kilang Balongan, kebakaran kembali terjadi di Kilang Cilacap yang terjadi pada Jumat (11/6/2021) pada pukul 19.45 WIB.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 21 Juni 2021  |  19:31 WIB
Awan efek kebakaran pada salah satu tangki di kilang Balongan. Indramayu, Jabar. - Bisnis/Kim Baihaqi
Awan efek kebakaran pada salah satu tangki di kilang Balongan. Indramayu, Jabar. - Bisnis/Kim Baihaqi

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) masih belum akan memulai perbaikan tangki penyimpanan yang terbakar di Kilang Balongan dan Kilang Cilacap yang terjadi beberapa waktu lalu.

Pjs Corsec Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Milla Suciyani menjelaskan perusahaan masih fokus pada proses pemulihan pascakebakaran yang terjadi di Kilang Balongan dan Kilang Cilacap. Adapun, proses pemulihan tersebut dilakukan di lingkungan internal maupun eksternal perseroan.

"Pertamina akan memasukkan biaya perbaikan di area Kilang Balongan dan Kilang Cilacap dalam RKAP 2022. Sebagai info, insiden baik di Balongan maupun Cilacap terjadi pada tangki penyimpanan saja, dan tidak mempengaruhi operasional dan produksi kilang," katanya kepada Bisnis, Senin (21/6/2021).

Milla mengatakan proses investigasi oleh aparat penegak hukum masih dalam tahap permintaan keterangan dari pihak-pihak terkait atas insiden di Kilang Balongan.

Pada 29 Maret 2021, 4 tangki penyimpanan bahan bakar minyak di Kilang Balongan habis dilahap si jago merah yang mulai menyambar sejak pukul 00.45 dini hari. Api tersebut baru berhasil dijinakkan pada Rabu (31/3/2021) siang.

Tiga bulan setelah insiden di Kilang Balongan, kebakaran kembali terjadi di Kilang Cilacap yang terjadi pada Jumat (11/6/2021) pada pukul 19.45 WIB yang terjadi di salah satu tanki yang berisi benzene. Setelah 40 jam menyambar fasilitas tersebut, api berhasil dijinakkan.

Pada Minggu, pukul 10.50 WIB petugas di kilang Pertamina Cilacap bisa memadamkan seluruh api yang ada di sekitar tangki area 39. Hingga saat ini, Pertamina belum menginformasikan berapa total kerugian atas terbakarnya fasilitas penyimpanan di 2 kilang tersebut.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina kilang balongan Kilang Cilacap
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top