Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ESDM Siapkan Paket Stimulus Pengembangan Migas Laut Dalam

SKK Migas telah mengajukan sembilan stimulus kepada pemerintah untuk mendongkrak investasi di sektor hulu migas, termasuk dalam menghadapi tantangan pandemi Covid-19.
Pengeboran minyak lepas pantai. Bloomberg
Pengeboran minyak lepas pantai. Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyiapkan paket stimulus atau insentif untuk mempercepat penyelesaian proyek pengembangan minyak dan gas bumi laut dalam atau Indonesia deepwater development (IDD).

"Pemerintah mendukung pengembangan lapangan [migas laut dalam] baru untuk bisa eksploitasi sumber gas yang ada. Kami melakukan evaluasi terpusat untuk bisa memberikan dukungan insentif yang diperlukan. Ini masih proses yang dilaksanakan bersama SKK Migas," ujar Menteri ESDM Arifin Tasrif saat meresmikan proyek pengembangan Merakes di Floating Processing Unit (FPU) Jangkrik, Kalimantan Timur, dikutip melalui siaran pers, Rabu (9/6/2021).

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengemukakan bahwa pihaknya telah mengajukan sembilan stimulus kepada pemerintah untuk mendongkrak investasi di sektor hulu migas, termasuk dalam menghadapi tantangan pandemi Covid-19.

"Sekitar enam [stimulus] sudah mendapatkan persetujuan [pemerintah]," kata Dwi.

Salah satu kelonggaran investasi di hulu migas, sambung Dwi, adalah beberapa kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) migas bisa melakukan monetisasi potensi migas yang dikelola oleh mereka.

"Jadi, ini akan diteruskan ke pembicaraan dengan Menteri ESDM dan Menteri Keuangan," tututr Dwi.

Sebelumnya, SKK Migas telah mengajukan sembilan stimulus kepada pemerintah demi memperbaiki iklim investasi hulu migas. Adapun, stimulus tersebut berupa penundaan pencadangan biaya kegiatan pasca operasi, tax holiday untuk pajak penghasilan, penghapusan biaya pemanfaatan kilang gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) Badak, penundaan atau penghapusan pajak pertambahan nilai LNG, penghapusan biaya sewa barang milik negara hulu migas.

Selain itu ada, penundaan atau pengurangan hingga 100 persen pajak tidak langsung, gas bisa dijual dengan harga diskon untuk semua skema di atas take or pay dan daily contract quantity, fleksibilitas fiscal term, serta pembahasan pajak bagi usaha penunjang kegiatan hulu migas.

"Saat ini, juga sudah dibangun one door service policy. Jadi, sekarang begitu banyak aspek diusahakan agar investasi bisa berjalan dengan baik," kata Dwi.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 79 Tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional, gas bumi ditargetkan akan memberi kontribusi sebesar 22 persen pada bauran energi nasional pada 2025. Saat ini, realisasi gas nasional pada 2020 mencapai 19,36 persen.

"Pemerintah terus mendorong usaha peningkatan cadangan, produksi migas dan optimalisasi pemanfaatan gas bumi untuk kebutuhan domestik, yang saat ini tercatat sebesar 63,9 persen," kata Arifin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper