Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perinus Ekspor Gurita ke Jepang Senilai Rp1,03 Miliar

Kegiatan ekspor tersebut merupakan indikasi positif menjelang rencana penggabungan Perum Perikanan Indonesia (Perindo) dan PT Perikanan Nusantara.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 07 Juni 2021  |  07:17 WIB
BUMN Perikanan Nusantara (Perinus) melakukan ekspor gurita ke Jepang senilai Rp1,03 miliar. ANTARA - dokumentasi Kementerian BUMN
BUMN Perikanan Nusantara (Perinus) melakukan ekspor gurita ke Jepang senilai Rp1,03 miliar. ANTARA - dokumentasi Kementerian BUMN

Bisnis.com, JAKARTA – PT Perikanan Nusantara (Perinus) melakukan ekspor gurita ke Jepang dengan total transaksi senilai US$71.679,52 atau setara dengan Rp1,03 miliar.

Ekspor Perinus yang berlangsung 4 Juni 2021 ini berupa gurita beku sebanyak 12.192,4 kg. Hasil tangkapan yang diekspor dari mitra-mitra nelayan Perinus Cabang Makassar.

“Terdapat potensi peningkatan ekspor pada sektor perikanan di BUMN Perikanan. Minggu ini Perinus lakukan ekspor gurita ke Jepang setelah pekan sebelumnya Perindo lakukan Ekspor ikan kembung memenuhi pesanan dari Thailand,” kata Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) Arief Prasetyo Adi, dikutip dari keterangan resminya, Minggu (6/6/2021).

Kegiatan ekspor tersebut merupakan indikasi positif menjelang rencana penggabungan Perum Perikanan Indonesia (Perindo) dan Perinus.

Arief menilai kegiatan ekspor perikanan ini merupakan upaya perbaikan model bisnis sebagai langkah awal menuju penggabungan BUMN Perikanan.

“Ke depan memang salah satu rencana model bisnis BUMN Perikanan yang akan dimerger adalah dengan mengoptimalkan offtake produk nelayan sekaligus meningkatkan pasar ekspor, oleh karenanya sambil paralel proses penggabungannya, kinerja operasional tetap dimaksimalkan,” katanya.

Arief menyebutkan Perinus telah berkontribusi mengoptimalkan model bisnis perseroan melalui realisasi 3 kali kegiatan ekspor perikanan ke Jepang pada semester satu tahun ini. Sebaliknya, Perindo tercatat aktif memenuhi permintaan bahan baku ikan untuk pasar ekspor sejak Januari 2021.

Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan, Indonesia termasuk dalam jajaran negara pengekspor produk perikanan terbesar di dunia. Total ekspor produk perikanan pada 2020 mencapai US$5,2 miliar. Adapun, sebanyak US$4,84 miliar diantaranya berasal dari ikan konsumsi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor perikanan PT Perikanan Nusantara perum perindo
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top