Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perindo Ekspor 150 Ton Ikan Kembung ke Thailand

Perum Perindo melakukan ekspor 150 ton ikan kembung ke Thailand yang dibagi dalam empat sesi pengiriman.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 12 Mei 2021  |  09:15 WIB
Para pekerja sedang melakukan packing produk ikan kembung untuk diekspor ke Thailand. -  Dok. Perindo
Para pekerja sedang melakukan packing produk ikan kembung untuk diekspor ke Thailand. - Dok. Perindo

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) melakukan ekspor 150 ton ikan kembung ke Thailand senilai US$328.560 atau setara dengan Rp4,59 miliar.

Direktur Operasional Perum Perikanan Indonesia Raenhat Tiranto Hutabarat mengatakan pengapalan ikan kembung yang dibagi dalam empat sesi, yakni 25.000 kg, 50.000 kg, 50.000 kg dan 25.000 kg.

“Kami berkomitmen memenuhi seluruh permintaan ikan kembung dari Thailand,” katanya, Rabu (12/5/2021).

Dia menambahkan Thailand kini memercayakan impor ikannya ke BUMN perikanan di Indonesia. Sebelumnya, Thailand melakukan impor ikan kembung dari India. Namun karena kasus Covid-19 sedang meledak di India, dikhawatirkan akan mempengaruhi kualitas komoditas ikan yang diekspor oleh India.

Raenhat menjelaskan, ikan kembung sempat langka di awal 2021 lantaran cuaca di Indonesia yang tidak menentu. Kondisi ini membuat harga ikan konsumsi harian rumah tangga ini menjadi melambung hingga Rp40.000/kg. Namun memasuki akhir kuartal II/2021, harga ikan kembung berangsur kembali normal ke harga Rp25.000-Rp30.000/kg.

Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Indonesia termasuk dalam jajaran negara pengekspor produk perikanan terbesar di dunia, dengan total ekspor produk perikanan pada 2020 mencapai US$5,2 miliar. Adapun, sebanyak US$4,84 miliar di antaranya berasal dari ikan konsumsi.

Selain itu, pada periode Januari-Maret 2021, nilai ekspor produk perikanan mencapai US$1,27 miliar dengan negara tujuan ekspor utama RI adalah Amerika Serikat, China, ASEAN, Uni Eropa, dan negara-negara yang terletak di kawasan Timur Tengah.

Berdasarkan data 2020, sebanyak 2.191 unit pengolahan ikan (UPI) juga telah menembus ekspor ke 157 negara mitra dengan komoditas ekspor utamanya meliputi udang, tuna-cakalang, malalugis, cumi, kepiting-rajungan, rumput laut, dan ikan layur.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

agribisnis perindo
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top