Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Petinggi Perbankan China Dorong Penghentian Kredit untuk Sektor Batu Bara

Selain itu, lembaga keuangan perlu mendukung perusahaan batu bara dan baja untuk meningkatkan teknologi mereka guna mengurangi emisi, bahkan saat perbankan menghentikan pembiayaan perluasan kapasitas lebih lanjut.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 30 Mei 2021  |  08:58 WIB
Polusi China: Seorang pria melakukan olahraga pagi dengan latar belakang asap pabrik di seberang sungai Songhua di Provinsi Jilin, China (24/2/2013). - Reuters/Stringer
Polusi China: Seorang pria melakukan olahraga pagi dengan latar belakang asap pabrik di seberang sungai Songhua di Provinsi Jilin, China (24/2/2013). - Reuters/Stringer

Bisnis.com, JAKARTA - China segera mengambil pendekatan bertahap untuk menarik pembiayaan ke industri dengan tingkat emisi tinggi guna menghindari risiko kredit.

Zhou Xuedong, Wakil Presiden Eksekutif di China Development Bank, mengatakan lembaga keuangan perlu mendukung perusahaan batu bara dan baja untuk meningkatkan teknologi mereka guna mengurangi emisi, bahkan saat perbankan menghentikan pembiayaan perluasan kapasitas lebih lanjut.

“Industri [emisi tinggi] ini memiliki kredit luar biasa yang signifikan, dan keluarnya pembiayaan yang terlalu cepat dapat menyebabkan kerusakan aset bank,” kata Zhou dalam Forum Keuangan Internasional di Beijing. Menurutnya, ini adalah proses bertahap.

China telah berjanji untuk menjadi netral karbon pada tahun 2060, yang akan membutuhkan perubahan drastis dari bahan bakar fosil ke energi terbarukan. Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana sektor keuangan dapat berkontribusi untuk tujuan ini tanpa membahayakan stabilitas keuangan.

Penarikan pembiayaan yang tergesa-gesa kepada perusahaan batu bara akan mengakibatkan kerugian bagi perusahaan dan bank yang telah meminjamkan kepada mereka, ungkap Liu Jin, Presiden Bank of China, di panel yang sama. Bank harus memberikan pembiayaan untuk transformasi hijau perusahaan saat mereka menarik kembali dukungan kredit, katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan china batu bara

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top