Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Merger BUMN Pelabuhan September 2021, Ini Persiapan Pelindo IV

Peleburan BUMN pelabuhan, Pelindo I hingga Pelindo IV, akan menjadi aksi korporasi yang memerlukan penyesuaian secara radikal. Perubahan akan terjadi dari yang bersifat struktural hingga standarisasi dan integrasi pelayanan
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 27 Mei 2021  |  17:16 WIB
Aktivitas bongkar muat petikemas di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan yang masuk dalam area kerja Pelindo IV, Selasa (1/1/2019). - Bisnis/Paulus Tandi Bone
Aktivitas bongkar muat petikemas di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan yang masuk dalam area kerja Pelindo IV, Selasa (1/1/2019). - Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pelabuhan Indonesia IV (persero) atau Pelindo IV mulai mengagendakan isu strategis terkait dengan pelaksanaan penggabungan atau integrasi BUMN Pelabuhan Pelindo I hingga Pelindo IV yang direncanakan mulai pada September 2021.

Direktur Utama Pelindo IV Prasetyadi mengatakan pada rapat kerja tahun ini isu tersebut sudah dibahas lebih mendalam. Seluruh pihak, kata dia, telah menerima sosialisasi terkait dengan pelaksanaan penggabungan atau integrasi tersebut. 

Menurutnya, dengan penggabungan Pelindo akan tercipta sinergi dan integrasi dengan standarisasi dan integrasi operasional dan sistem yang efisien dan efektif.

"Saya berharap kepada insan Pelindo IV tetap konsentrasi untuk terus meningkatkan kinerja pelayanan, program-program strategis yang telah ditetapkan dalam Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) Perseroan tahun 2020 – 2024 agar tetap terus dilaksanakan sampai ada penetapan (merger) lebih lanjut," ujarnya, Kamis (27/5/2021).

Komisaris Utama PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Fachry Ali juga mengingatkan adanya perubahan struktural
terkait dengan merger Pelindo I, II, III dan IV. 

“Saya atas nama komisaris ingin menekankan kembali bahwa tentu ada perubahan perubahan yang bersifat struktural dari merger yang akan dilaksanakan pada bulan September tahun ini,” ujarnya.

Perubahan-perubahan struktural itu lanjutnya bisa beragam. Namun, lanjutnya, satu hal, merger yang akan dilakukan bukanlah yang bersifat horisontal melainkan bersifat vertikal yang memerlukan penyesuaian radikal. 

Dia berpendapat merger yang bersifat vertikal ini berada di luar pengalaman korporasi sejak Pelindo I sampai dengan Pelindo IV didirikan. 

Fachri pun memberi masukkan agar langkah-langkah yang telah dilakukan oleh direksi terutama untuk strategi yang bersifat output harus dilanjutkan. Utamanya terkait dengan kerja sama dengan aktor-aktor global kepelabuhanan dan sumber daya finansial.

Hal itu akan memberikan akses kepada korporasi yang akan dimerger. 

“Terlepas daripada siapa yang kemudian akan melaksanakannya, tetapi program semacam ini dalam konteks korporasi adalah suatu yang sangat konstruktif dan juga memberikan model kepada para karyawan yang berada di bawah jajaran direksi," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transportasi BUMN pelindo iv
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top