Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bandara Soedirman di Purbalingga Beroperasi Juni 2021

Bandara Jenderal Besar Soedirman sendiri merupakan bandara penunjang penerbangan bagi wilayah sekitar antara lain Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Wonosobo.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 27 Mei 2021  |  13:17 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) meninjau lokasi Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah yang akan dikembangkan menjadi bandara komersial, Senin (23/4/2018).  - Bisnis/Amanda Kusumawardhani
Presiden Joko Widodo (tengah) meninjau lokasi Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah yang akan dikembangkan menjadi bandara komersial, Senin (23/4/2018). - Bisnis/Amanda Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA — PT Angkasa Pura II total bakal mengoperasikan sebanyak 20 bandara pada tahun ini setelah memperoleh mandat untuk mengoperasikan Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah yang rencananya dioperasikan pada awal Juni 2021.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan sejumlah aspek administrasi sudah disiapkan, diantaranya dengan diterbitkannya Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor KP 98 Tahun 2021 tertanggal 22 April 2021 yang menetapkan secara resmi bahwa pengelolaan Bandara Jenderal Besar Soedirman berada di bawah PT Angkasa Pura II (Persero). 

Selain itu, imbuhnya, Kementerian Perhubungan juga telah menerbitkan Sertifikat Bandara Udara No: 0163/SBU-DBU/IV/2021 bagi Bandara Jenderal Besar Soedirman. Dokumen mandatori lainnya pun sudah disusun dan disetujui. 

“Surat keputusan tersebut menyatakan bahwa bandara yang dikelola AP II total berjumlah 20 bandara, ada penambahan 1 bandara yaitu Bandara Jenderal Besar Soedirman,” ujarnya melalui siaran pers, Kamis (27/5/2021).

Dokumen mandatori yang telah disusun dan disetujui tersebut adalah Airport Security Programme, Aerodrome Manual, Emergency Plan Document, Safety Management System Manual, Safety Risk Assessment, dan SOP Airside Operation.

Dalam rangka persiapan operasional, Muhammad Awaluddin juga telah melakukan pertemuan dan koordinasi dengan Panglima Komando Operasi TNI AU II Marsda TNI Minggit Tribowo. 

Bandara Jenderal Besar Soedirman sendiri merupakan bandara penunjang penerbangan bagi wilayah sekitar antara lain Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Wonosobo.

"Penerbangan komersial di wilayah kabupaten dan kota tersebut dibuka perdana dengan adanya Bandara Jenderal Besar Soedirman. Dengan kata lain, bandara ini merupakan pelopor konektivitas penerbangan komersial di wilayah tersebut,” imbuhnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

angkasa pura ii
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top