Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenhub Intensif Tes Covid-19 di Terminal Bus Palembang

Kemenhub secara intensif melakukan tes Covid-19 secara acak di terminal bus Kota Palembang untuk menekan angka penyebaran virus corona.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 22 Mei 2021  |  16:03 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.  - Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. - Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengintensifkan tes Covid-19 secara acak (random) dan gratis di sejumlah Provinsi di Sumatra khususnya di Palembang untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau langsung pelaksanaan tes Covid-19 saat melakukan kunjungan kerja di Terminal Tipe A Alang-Alang Lebar Palembang, Sumatra Selatan.

“Kita tahu di Palembang sempat ada kenaikan kasus, namun sekarang sudah mulai turun. Dengan kita intensifkan random test, maka akan ada kehati-hatian dari masyarakat. Jika mereka tidak sehat maka tidak bisa melanjutkan perjalanan," kata Budi dalam siaran pers, Sabtu (22/5/2021).

Dia berharap dengan mengintensifkan pengecekan ini, angka penyebaran Covid-19 di Palembang dapat ditekan dan Palembang menjadi contoh baik bagi kota-kota lain di Indonesia. Ketua Satgas Covid dan Gubernur Sumatra Selatan diminta untuk melakukan pengecekan dengan konsisten.

Berdasarkan Addendum Satgas Covid No. 13 dan Permenhub No. 13, dilakukan tes Covid-19 secara acak (PCR/Rapid Antigen/GeNose) kepada para pelaku perjalanan di simpul-simpul transportasi darat. Untuk itu, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat menyelenggarakan random tes rapid antigen di Terminal Bus Tipe A Alang-Alang Lebar secara gratis kepada para penumpang dan juga pengemudi serta awak bus.

Terminal Bus Alang-Alang Palembang merupakan salah satu simpul transportasi utama di Palembang, yang melayani penumpang bus ke berbagai provinsi lain, baik di dalam maupun di luar Sumatra.

Hal ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi adanya lonjakan pergerakan usai lebaran (arus balik), serta untuk mengantisipasi adanya peningkatan kasus positif Covid-19 yang signifikan di hampir seluruh provinsi di Pulau Sumatra.

Melalui pengecekan secara intensif di simpul-simpul transportasi darat, diharapkan masyarakat yang melakukan perjalanan melalui transportasi darat dalam kondisi bebas covid-19 dan tidak membawa virus ke daerah-daerah lain.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo menyebut angka kasus Covid-19 di Palembang beberapa waktu lalu sempat meningkat drastis hingga Bed Occupancy Ratio (BOR) atau tinggkat keterisian tempat tidur di Rumah Sakit mencapai 60 persen, kini sudah turun di angka 46 persen.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub Covid-19
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top