Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Dua Sektor Paling Diuntungkan di Kuartal II/2021

Sektor konsumsi rumah tangga dari sisi pengeluaran dan sektor perdagangan dari sisi lapangan usaha akan mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan pada kuartal II/2021.
Ipak Ayu
Ipak Ayu - Bisnis.com 18 Mei 2021  |  22:34 WIB
Konsumen memilih barang kebutuhan di salah satu gerai supermarket Giant di Jakarta, Minggu (23/6/2019). - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya
Konsumen memilih barang kebutuhan di salah satu gerai supermarket Giant di Jakarta, Minggu (23/6/2019). - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, JAKARTA — Ekonom Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia Fajar B. Hirawan memproyeksi kinerja kuartal II/2021 yang didorong momentum Ramadan dan Lebaran akan membawa keuntungan setidaknya bagi dua sektor.

"Sektor konsumsi rumah tangga dari sisi pengeluaran dan sektor perdagangan dari sisi lapangan usaha akan mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan pada kuartal II/2021 ini," katanya kepada Bisnis, Selasa (18/5/2021).

Fajar menyebut yang pasti sektor perdagangan ritel terlihat diserbu masyarakat menjelang Lebaran tahun ini. Menurutnya sejumlah pusat perbelanjaan yang diserbu konsumen menjadi sinyal kuat bahwa masyarakat sudah rindu untuk melakukan kegiatan konsumsi yang tidak bisa dirasakan pada Lebaran tahun lalu.

Namun, memang yang harus tetap diwaspadai adalah penyebaran virus Corona meskipun sejumlah tenant atau pemilik toko sudah divaksin.

"Jadi kalo ditanya untuk sektor yang diuntungkan sudah merata, memang belum, karena larangan mudik masih membuat beberapa sektor ekonomi, seperti transportasi, tidak optimal kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Paling penting, lanjut Fajar, yang perlu dijaga ritme dari kedua sisi baik sisi produksi maupun konsumsi. Menurutnya, indeks PMI Manufaktur yang sudah mengalami fase ekspansi dalam beberapa bulan terakhir perlu dijaga ritmenya agar tetap ekspansif di atas angka 50.

Sementara dari sisi konsumsi, diharapkan akan menanjak signifikan pada Mei melalui Ramadan dan Lebaran. Setidaknya tren optimisme konsumsi masyarakat terus menanjak dari bulan ke bulan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

konsumsi rumah tangga lebaran Ramadan sektor perdagangan
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top