Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jeff Bezos Jual Sekitar Rp95,13 Triliun Saham Amazon Bulan Mei 2021

Menurut pengajuan Komisi Sekuritas dan Bursa AS, Bezos menjual 521.936 saham di bawah rencana perdagangan yang telah diatur sebelumnya. Itu membuat total penjualan dalam tiga batch pada Mei menjadi 2 juta saham.
Jeff Bezos, CEO Amazon. /Bloomberg
Jeff Bezos, CEO Amazon. /Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Jeff Bezos menjual US$1,7 miliar (Rp 24,14 triliun) saham Amazon.com Inc., menggenapi jumlah yang telah dilepas sepanjang bulan ini menjadi sekitar US$6,7 miliar (Rp95,13 triliun).

Dilansir Bloomberg, Rabu (12/5/2021), menurut pengajuan Komisi Sekuritas dan Bursa AS, Bezos menjual 521.936 saham di bawah rencana perdagangan yang telah diatur sebelumnya. Itu membuat total penjualan dalam tiga batch pada Mei menjadi 2 juta saham. Dia mengatakan dalam pengajuannya pekan lalu bahwa dia berencana menjual sebanyak jumlah tersebut.

Orang terkaya di dunia itu kini memiliki sekitar 10 persen dari Amazon, sumber terbesar dari kekayaannya yang sebesar US$188 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Saham Amazon melonjak 76 persen tahun lalu karena orang-orang berbondong-bondong berbelanja online, tetapi turun 7 persen sejak akhir April karena investor mundur dari saham teknologi di tengah kekhawatiran atas inflasi.

Dalam 15 tahun setelah Amazon go public pada tahun 1997, Bezos menjual sekitar seperlima saham peritel online itu seharga sekitar US$2 miliar. Nilai sahamnya telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir sehingga dia sekarang dapat menjual dalam jumlah yang relatif kecil untuk miliaran dolar. Tahun lalu dia menjual saham senilai lebih dari US$10 miliar.

Pendiri Amazon itu telah menggunakan penjualan ekuitas untuk mendanai perusahaan roket Blue Origin, sementara dia berkomitmen US$10 miliar untuk "Bezos Earth Fund" untuk membantu melawan efek perubahan iklim.

Dia juga membangun salah satu megayacht terbesar di dunia dan telah menjalankan bisnis real estate. Pukulan terbesar untuk kekayaannya datang setelah perceraiannya dengan MacKenzie Scott, yang menerima 4 persen saham di Amazon sebagai bagian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper