Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menkeu: Kuartal II 2021 Jadi Titik Balik Perekonomian Indonesia Ke Zona Positif

Salah satu indikator optimisme adanya titip balik perekonomian adalah peningkatan konsumsi yang diperkirakan terus menguat di kuartal II/2021.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 22 April 2021  |  16:03 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan sambutan saat peluncuran progam penjaminan pemerintah kepada padat karya dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi nasional di Jakarta, Rabu (29/7 - 2020). Bisnis
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan sambutan saat peluncuran progam penjaminan pemerintah kepada padat karya dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi nasional di Jakarta, Rabu (29/7 - 2020). Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan titik balik perekonomian Indonesia ke zona positif akan terjadi di kuartal II/2021.

“Kuartal kedua akan masuk zona positif, rebound tapi juga disertai juga confidence dan aktivitas konsumsi serta efek dari stimulus perekonomian yang mulai meningkat” ungkapnya dalam konferensi pers APBN KiTa, Kamis (22/4/2021).

Salah satu indikator dari hal tersebut adalah peningkatan konsumsi yang diperkirakan terus menguat di kuartal II/2021. Menkeu memaparkan penguatan konsumsi masyarakat didorong oleh sejumlah faktor.

Pertama, peningkatan keyakinan masyarakat (confidence) yang terus membaik dari perkembangan vaksinasi. Menutnya hal tersebut juga dilihat dari indeks penjualan ritel (RSI) yang naik ke level 182,3 pada Maret lalu.

“Peningkatan pada kuartal kedua disumbangkan oleh confidence yang mulai pulih dan aktivitas yang mulai pulih meskipun ada pelarangan mudik. Namun, aktivitas konsumsi di sekitar bulan lebaran diperkirakan masih akan meningkat,” jelas Menkeu.

Kedua, technical rebound dari kontraksi pertumbuhan ekonomi yang cukup dalam pada kuartal I-II/2021. Ketiga, aktivitas ekonomi saat lebaran yang lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu. Lalu Keempat, respon masyarakat akan pemanfaatn program stimulus perekonomian.

Adapun, Menkeu menyebut aktivitas konsumsi masyarakat pada Maret 2021 meningkat terutama pada area makanan dan minuman, informasi, transportasi, pakaian, perlengkapan rumah tangga, dan kegiatan rekreasi.

“Meskipun yang terakhir ini tergantung kepada kita semua dalam menjaga agar [kasus] Covid-19 tidak melonjak pada saat aktivitas di bidang rekreasi terjadi,” ucapnya.

Menkeu lalu menekankan bahwa pemulihan yang diperkirakan tersebut tentu dengan catatan apabila kasus Covid-19 tetap bisa dikendalikan. Maka itu, dia memaparkan serangkaian upaya dilakukan untuk penanganan pandemi seperti vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pertumbuhan Ekonomi sri mulyani pemulihan ekonomi
Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top