Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sri Mulyani Bilang Free Trade Agreement Bisa Jadi Jembatan UMKM Go Global

Upaya tersebut dapat memberi peluang bagi produk-produk Tanah Air, khususnya UMKM. Pemerintah berharap mereka dapat melakukan penetrasi untuk skala global.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 20 April 2021  |  13:03 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani memaparkan rancangan APBN 2021 dalam konferensi pers virtual, Selasa (1/12/2020)  -  Foto: Kemenkeu RI
Menteri Keuangan Sri Mulyani memaparkan rancangan APBN 2021 dalam konferensi pers virtual, Selasa (1/12/2020) - Foto: Kemenkeu RI

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran yang luar biasa dalam ekonomi. 

Dia berharap pelaku UMKM dapat berdaya saing di ranah global, serta berperan besar dalam menyerap dan menciptakan lapangan kerja.

Oleh karena itu, pekerjaan rumah (PR) ke depannya adalah berupaya agar UMKM dapat meningkat baik dari sisi produktivitas maupun kualitas.

“Saat ini, Indonesia juga melakukan negosiasi free trade agreement [perjanjian perdagangan bebas] dalam menghubungkan pasar Indonesia dengan pasar dunia,” katanya saat sambutan virtual, Selasa (20/4/2021).

Sri Mulyani menegaskan upaya tersebut dapat memberi peluang bagi produk-produk Tanah Air, khususnya UMKM. Pemerintah berharap mereka dapat melakukan penetrasi untuk skala global.

“Ini bukan suatu yang muskil atau tidak terjangkau. Melalui berbagai upaya, UMKM Indonesia akan memiliki kepercayaan diri, pengetahuan, dan siap berkompetisi di pasar global,” jelasnya.

Sri Mulyani menuturkan bahwa pemerintah menaruh perhatian besar terhadap UMKM. Ini diwujudkan dengan lahirnya Undang-Undang No. 11/2020 tentang Cipta Kerja yang memberi kemudahan sehingga mampu meningkatkan daya saing.

“Kita juga memberikan melalui berbagai pemberian insentif, kemudahan perizinan, memberikan dukungan dalam bentuk penyediaan dana dan pembiayaan eskpor melalui perbankan, lembaga keuangan untuk bisa mendukung meningkatnya kinerja ekspor Indonesia,” ucapnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm sri mulyani pasar global
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top