Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ekspor UKM Dikejar, Ekonom Ingatkan Masalah di Hulu

UKM di Tanah Air masih menghadapi sejumlah kendala klasik seperti permodalan dan pemasaran.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 20 April 2021  |  05:54 WIB
Tren Digital.  - ANtara
Tren Digital. - ANtara

Bisnis.com, JAKARTA – Langkah dunia usaha dan pemerintah untuk mengoptimalisasi penggunaan marketplace dalam mendorong ekspor produk UKM dinilai tepat selama permasalahan di hulu turut menjadi perhatian.

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Yusuf Rendy Manilet strategi perbaikan kapasitas UKM di sisi hulu tidak dapat diabaikan sebelum aksi penetrasi melalui marketplace digulirkan.

“Penggunaan marketplace ini sifatnya di hilir, tetapi strategi di hulu tidak bisa diabaikan karena banyak yang harus disiapkan,” kata Rendy saat dihubungi, Senin (19/4/2021).

Rendy memberi contoh soal riset pasar, salah satu aspek yang tidak bisa diabaikan para eksportir. Pelaku UKM harus mengetahui terlebih dahulu pangsa pasar apa yang bisa diisi di negara destinasi dan seperti apa pula syarat pemasaran produk ke pasar tersebut.

“Untuk produk pangan misalnya, beberapa negara terkadang sangat ketat dalam memberlakukan syarat. Jadi saya kira kesiapan di hulu digencarkan dulu,” kata dia.

Dia pun mencatat bahwa UKM di Tanah Air masih menghadapi sejumlah kendala klasik seperti permodalan dan pemasaran. Di samping itu, dia menyarankan agar pelaku usaha dan pemerintah tak melupakan pemanfaatan pasar dalam negeri yang kini mulai dimasuki pelaku usaha luar negeri.

“Jangan lupakan pangsa di dalam negeri begitu besar, bahkan ada UKM luar yang juga masuk ke Tanah Air melalui e-commerce. Saya kira untuk ekspor dan di dalam negeri harus dioptimalisasi agar UKM tetap bisa bersaing di pasar domestik,” kata Rendy.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor ukm e-commerce
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top