Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BPJT: Dua Jalan Tol Jaringan JTTS Rampung Tahun Ini

Dua ruas jalan tol yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) direncanakan rampung tahun ini. Kedua ruas itu adalah Sigli–Banda Aceh di Aceh dan Pekanbaru–Bangkinang di Riau.
Andi M. Arief
Andi M. Arief - Bisnis.com 13 April 2021  |  16:25 WIB
Jalan Tol Sigli Banda Aceh, bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS). - Hutama Karya
Jalan Tol Sigli Banda Aceh, bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS). - Hutama Karya

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyatakan akan ada dua ruas jalan tol yang rampung tahun ini dalam konstruksi Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS).

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan dua ruas yang akan rampung tersebut merupakan bagian dari backbone JTTS. Hal tersebut sesuai dengan arahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"[Jalan Tol] Sigli–Banda Aceh [di Aceh] itu tuntas mungkin pertengahan tahun. Lalu, [Jalan Tol] Pekanbaru–Bangkinang [di Riau] juga tuntas [tahun ini," tuturnya.

Danang menyampaikan prioritas konstruksi JTTS adalah penyelesaian pembangunan jalan-jalan backbone. Setelah itu, lanjut Danang, fokus konstruksi JTTS baru dilanjutkan pada konstruksi jalan tol sirip.

BPJT mencatat sejauh ini ada pembangunan terhadap 24 seksi jalan tol yang tergabung dalam 10 ruas JTTS.

Konstruksi seksi jalan tol yang dijadwalkan rampung hingga akhir tahun ini adalah ruas Pekanbaru–Bangkinang, Blang Bintang–Kuto Baro, Kuto Baro–Baitussalam, Tebing Tinggi–Inderapura, Kuala Tanjung–Inderapura, Tebing Tinggi–Serbelawan, dan Serbelawan–Pematang Siantar.

Sementara itu, Jalan Tol Padang–Sicincin dijadwalkan rampung tahun depan. Perkembangan konstruksi jalan tol tersebut tertahan di level 91,92 persen hingga medio Maret 2021.

Danang mengatakan hal tersebut disebabkan oleh proses pembebasan tanah yang belum rampung. Sampai saat ini BPJT belum mencantumkan biaya pembebasan tanah ruas tersebut pada laman resminya.

"Prinsipnya kalau dari kami [dan] investornya, Hutama Karya, sejauh ada tanah yang tersedia, ini pasti kami kerjakan," ujarnya.

Pembebasan tanah Jalan Tol Padang–Sicincin mencapai 96,62 persen. Ruas Padang-Sicincin sepanjang 36 kilometer merupakan bagian dari Jalan Tol Pekanbaru–Padang.

Jalan tol tersebut telah menelan investasi senilai Rp80,41 triliun. Sementara itu, biaya konstruksi ruas tersebut mencapai Rp45,99 triliun.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

infrastruktur jalan tol
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top