Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Impor Emas India Melonjak Gila-gilaan, Dekati Rekor 2 Tahun Tertinggi

Pembelian dari luar negeri meningkat lebih dari tujuh kali lipat menjadi 98,6 ton bulan lalu dari 13 ton tahun sebelumnya, menurut sumber anonim Bloomberg.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 12 April 2021  |  12:52 WIB
Tumpukan emas batangan. - Bloomberg
Tumpukan emas batangan. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Impor emas oleh India melonjak pada bulan Maret ke total bulanan tertinggi dalam hampir dua tahun karena penurunan harga memicu permintaan perhiasan selama musim pernikahan yang sedang berlangsung di Negeri Bollywood ini.

Pembelian dari luar negeri meningkat lebih dari tujuh kali lipat menjadi 98,6 ton bulan lalu dari 13 ton tahun sebelumnya, menurut seseorang yang mengetahui data tersebut dan meminta untuk tetap anonim. Angka ini akan menjadi yang tertinggi sejak Mei 2019.

Sayangnya, juru bicara Kementerian Keuangan Rajesh Malhotra tidak segera menanggapi panggilan ke ponselnya. Impor selama tiga bulan pertama tahun 2021 meningkat lebih dari dua kali lipat di konsumen terbesar kedua dunia menjadi hampir 190 ton, menurut perhitungan Bloomberg berdasarkan data tersebut.

Patokan emas berjangka di India telah jatuh sekitar 17 persen dari rekor pada Agustus tahun lalu, meningkatkan permintaan selama musim pernikahan dan menjelang Akshaya Tritiya bulan depan, hari paling menguntungkan kedua untuk membeli emas dalam kalender Hindu.

Namun, kebangkitan kembali kasus virus dan pembatasan pergerakan dan aktivitas bisnis di beberapa negara bagian mengkhawatirkan penjual perhiasan karena dapat mengancam kebangkitan penjualan. Di Maharashtra, pasar emas batangan terbesar di India, telah diminta untuk tetap tutup selama sisa April ini akibat infeksi Covid-19 melonjak.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

impor emas india

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top