Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Proyek Mandalika Bakal Cetak Total 90.000 Lapangan Pekerjaan

Penciptaan lapangan kerja diharapkan tercipta karena kegiatan ekonomi yang nantinya tercipta setelah rampungnya pembangunan The Mandalika.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 07 April 2021  |  16:52 WIB
Kawasan The Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Kawasan pariwisata ini dikelola oleh Indonesia Tourism Development Corporation. - ITDC
Kawasan The Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Kawasan pariwisata ini dikelola oleh Indonesia Tourism Development Corporation. - ITDC

Bisnis.com, JAKARTA – Pembangunan proyek pariwisata ‘The Mandalika’ di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) diperkirakan akan menciptakan sebanyak 30.000 pekerjaan dari direct employment dan 60.000 pekerjaan dari indirect employment, di sektor pariwisata.

Vice President Chief Administration Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) Luky Eko Wuryanto mengatakan perkiraan tersebut telah diverifikasi oleh pihak AIIB. Proyek The Mandalika sebagian dibiayai oleh AIIB.

“Yang kami harapkan dari specific benefit dari proyek tersebut bisa jadi investasi katalis [yang] bisa meningkatkan pertum buhan di wilayah tersebut,” kata Luky dalam wawancara dengan Bisnis, Rabu (7/4/2021).

Penciptaan lapangan kerja diharapkan tercipta karena kegiatan ekonomi yang nantinya tercipta setelah rampungnya pembangunan The Mandalika.

Selain itu, proyek yang dicanangkan Presiden Joko Widodo sebagai “10 Bali Baru” tersebut, juga diharapkan dapat meningkatkan mitigasi dampak negatif dari lingkungan sekitar dengan pembangunan infrastruktur yang ramah lingkungan, dan long-term environment management system.

Lalu, program ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat sekitar, khususnya ekonomi regional agar dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Adapun, pembangunan The Mandalika masih berlangsung terutama untuk konstruksi infrastruktur yang masih berada di tahap procurement (pengadaan barang/jasa). Pembangunan infrastruktur inti proyek pariwisata The Mandalika akan dibangun dalam 2 fase. Fase I merupakan fase penyediaan layanan dan infrastruktur dasar, dengan target pelaksanaan selama 2019-2023.

Fase II terdiri dari pembangunan technical assistance dan capacity building yang dilakukan dari 2024-2026.

Berdasarkan data yang dimuat di situs AIIB, total dana yang dikucurkan oleh AIIB untuk proyek Mandalika sebesar US$248,4 juta, dari total estimasi biaya proyek US$316,5 juta.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

aiib KEK Mandalika
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top