Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Selama Pandemi Covid-19, Wamenkeu Bilang 'Tangan Pemerintah' Intervensi di 3 Sektor Ini

Ketiganya adalah intervensi di layanan kesehatan, pembiayaan di jaringan perlindungan sosial, dan reformasi struktural.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 06 April 2021  |  15:23 WIB
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara saat acara Bisnis Indonesia Business Challenges 2019 di Jakarta, Senin (26/11/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara saat acara Bisnis Indonesia Business Challenges 2019 di Jakarta, Senin (26/11/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan intervensi kebijakan pemerintah dalam pelayanan kesehatan adalah game changer utama dalam memulihkan perekonomian di 2021.

Menurutnya, ada tiga game changer di 2021 yang diharapkan dapat memulihkan perekonomian Indonesia yaitu intervensi di layanan kesehatan, pembiayaan di jaringan perlindungan sosial, dan reformasi struktural.

Pertama, Wamenkeu menyebut akar permasalahan dari krisis yang dihadapi adalah masalah kesehatan. Maka itu, sektor tersebut selayaknya menjadi prioritas. Penyediaan vaksin gratis untuk 181 juta masyarakat Indonesia merupakan hal yang menurutnya harus paling diperhatikan.

“Tentunya kebijakan lain seperti menerapkan social distancing, testing, tracing, treatment (3T) harus tetap berlanjut. Itulah game changer nomor satu kita,” jelas Suahasil dalam Dies Natalis Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB, Selasa (6/4/2021).

Kedua, anggaran fiskal untuk jaminan perlindungan sosial untuk masyarakat dan usaha terdampak pandemi Covid-19. Wamenkeu menjelaskan pengeluaran pemerintah adalah satu-satunya sumber pertumbuhan ekonomi di tengah menurunnya konsumsi, investasi, dan ekspor-impor.

“Maka itu APBN harus fleksibel dan berperan sebagai survival and recovery kit yang melindungi usaha kecil dan jaminan perlindungan sosial,” katanya.

Ketiga, reformasi struktural untuk jangka menengah dan panjang. Meski di tengah pandemi Covid-19, Wamenkeu menjelaskan reformasi struktural, khususnya pada ekonomi, harus ditempuh. Salah satunya dengan Omnibus Law Cipta Kerja.

Suahasil berharap dengan diprioritaskannya kesehatan sebagai game changer pertama, maka akan menghasilkan kepercayaan masyarakat untuk bisa beraktivitas kembali sehingga ekonomi berjalan kembali.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wamenkeu reformasi birokrasi perlindungan sosial Covid-19
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top