Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Warning! Kunjungan ke Pusat Perbelanjaan di Maret 2021 Dekati Kondisi Normal

Lalu lintas ke pusat perbelanjaan telah meningkat sepanjang Maret, mendekati level pra-pandemi. Periode Maret 2021 ini diperkirakan akan menjadi titik balik penjualan bagi para pengecer dan operator pusat perbelanjaan di Indonesia.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 06 April 2021  |  13:40 WIB
Suasana sepi terlihat di salah satu pusat perbelanjaan atau mal saat libur Natal dan Tahun Baru di Depok, Jawa Barat, Minggu (27/12).  - Bisnis/Himawan L Nugraha
Suasana sepi terlihat di salah satu pusat perbelanjaan atau mal saat libur Natal dan Tahun Baru di Depok, Jawa Barat, Minggu (27/12). - Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Mobilitas masyarakat ke pusat perbelanjaan pada Maret 2021 mengalami peningkatan dan tercatat mendekati posisi normal, sebelum merebaknya pandemi Covid-19.

Analis Bahana Sekuritas Maudi Vidya Andini dan Hadi Soegiarto menjelaskan kunjungan orang ke pusat perbelanjaan yang meningkat tersebut sejalan dengan semakin banyaknya orang yang telah divaksinasi.

“Lalu lintas [ke pusat perbelanjaan] telah meningkat sepanjang Maret, mendekati level pra-pandemi selama akhir pekan pasca gajian dua minggu lalu dan selama akhir pekan panjang baru-baru ini,” tulis mereka dalam riset terbaru yang dikutip Bisnis, Selasa (6/4/2021).

Lalu lintas orang ke pusat perbelanjaan pada Maret 2021 ini merupakan lalu lintas terbaik sehak awal pandemi Covid-19. Data tersebut telah telah terkonfirmasi oleh pelaku industri dan asosiasi.

Dengan asumsi pandemi dapat dikendalikan ke depannya, maka periode Maret 2021 ini diperkirakan akan menjadi titik balik penjualan bagi para pengecer dan operator pusat perbelanjaan di Indonesia.

Lalu lintas di pusat perbelanjaan diperkiraan akan terus pulih seiring dengan lebih banyak segmen masyarakat yang mulai kembali berkunjung, terutama dari kalangan berpenghasilan menengah ke atas.

Di sisi lain, pusat perbelanjaan masih kehilangan beberapa penarik lalu lintas utama, seperti bioskop dan acara-acara di pusat perbelanjaan besar dan di pusat perbelanjaan tertentu.

Lalu lintas di hari kerja juga masih belum pulih dikarenakan masih banyak kantor yang menerapkan bekerja dari rumah (work from home).

Namun menurut Bahana, mobilitas masyarakat ke pusat perbelanjaan masih ada ruang untuk perbaikan, meski masyarakat kelas menengah ke atas masih sangat berhati-hati.

Keberhasilan program vaksinasi Covid-19 pun dinilai akan menjadi kunci yang menentukan apakah perbaikan mobilitas ini akan terus berlanjut atau tidak. 

Pasalnya, pemulihan sebelumnya telah terhambat karena pengetatan mobilitas diterapkan kembali akibat kasus Covid-19 meningkat tinggi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pusat perbelanjaan mall Covid-19
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top