Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menhub: Bandara Haji Muhammad Sidik Telan Rp380 Miliar

Menhub Budi Karya menuturkan pengembangan Bandara Haji Muhammad Sidik telah menelan dana hingga Rp380 miliar.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 30 Maret 2021  |  13:49 WIB
Bandara Haji Muhammad Sidik di wilayah Desa Trinsing Kabupaten Barito Utara yang dijadwalkan beroperasi pada 2020 dilihat dari udara. - Antara
Bandara Haji Muhammad Sidik di wilayah Desa Trinsing Kabupaten Barito Utara yang dijadwalkan beroperasi pada 2020 dilihat dari udara. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendampingi Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin meresmikan Bandara Haji Muhammad Sidik, Barito Utara, Kalimantan Tengah hari ini 30 Maret 2021.

Budi mengatakan bahwa bandara tersebut telah dikembangkan selama beberapa tahun dan menghabiskan biaya kurang lebih Rp380 miliar.

"[Bandara ini] diharapkan bisa mendukung perekonomian yang ada di seluruh Kalimantan khususnya Muara Teweh karena bandara ini juga melingkupi beberapa kabupaten dan berdekatan," kata Budi dalam sambutannya, Selasa (30/3/2021).

Kepada Wapres, Budi melaporkan bahwa Bandara Haji Muhammad Sidik dibangun dengan panjang runway sebesar 1.400 meter dan lebar 30 meter. Landasan pacu ini juga bisa didarati oleh ATR 72, pesawat penumpang regional jarak pendek bermesin twin-turboprop.

"Bandara ini sendiri diharapkan bisa menampung lebih dari 50.000 orang per tahun dan bila memang berkembang tentu kita akan memperhatikan pembangunan-pembangunan runway dan beberapa kegiatan pembangunan yang lain," sebutnya.

Budi menegaskan selalu memperhatikan komitmen pemerintah untuk terus melakukan pemerataan pembangunan ke seluruh daerah dan provinsi. Kalimantan Tengah adalah suatu daerah yang memang diperhatikan terlebih bila mengingat konsen pemerintah untuk membuka perekonomian dan membangun wilayah 3T (tertinggal, terpencil, dan terluar).

"Saya yakin bahwa dengan adanya bandara ini maka daerah yang tadinya belum maksimal akan lebih maksimal," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top