Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Besaran dan Cara Dapat Diskon Listrik PLN Terbaru, Berlaku 1 April

Berikut besaran diskon tarif listrik berdasarkan golongan pemakaian yang dikutip dari akun Instagram @pln123_official
Petugas memeriksa meteran listrik di Rumah Susun Bendungan Hilir, Jakarta, Senin (4/5/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Petugas memeriksa meteran listrik di Rumah Susun Bendungan Hilir, Jakarta, Senin (4/5/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PLN kembali memberikan stimulus listrik atau diskon token listrik kepada masyarakat kurang mampu khususnya pelaku usaha seperti sosial, bisnis, dan industri pada periode April – Juni 2021. Namun, ada perubahan besaran stimulus listrik PLN 2021 jika dibandingkan dengan periode 2020.

"Berdasarkan surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, stimulus pada periode ini besarannya akan diberikan separuh dari periode sebelumnya," tulis akun Instagram resmi PLN @pln123_official seperti dikutip, Selasa (30/3/2021).

Stimulus yang diberikan merupakan perlindungan sosial yang diberikan pemerintah untuk masyarakat di tengah pandemi covid-19. PLN berharap, dengan adanya stimulus ini dapat mendorong masyarakat dan pelaku usaha tetap produktif dan meningkatkan daya beli masyarakat.

Berikut besaran potongan harga yang didapatkan berdasarkan golongan pemakaian yang dikutip dari akun Instagram @pln123_official:

1. Untuk golongan Rumah Tangga, Bisnis Kecil, dan Industri Kecil yang memiliki daya 450VA, masing-masing akan dikenakan potongan 50 persen saat pembayaran (pasca bayar) dan pembelian token (prabayar). Untuk golongan rumah tangga dengan daya 900VA, akan dikenakan potongan 25 persen untuk pasca bayar juga pra bayar.

2. Pembebasan penerapan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan PT PLN yang pemakaian Energi Listrik di bawah ketentuan rekening minimum diberlakukan bagi 3 golongan:
Pelanggan golongan Sosial dengan daya 1.300 VA ke atas (S-2/1.300 VA s.d S-3/>200 kVA).
Pelanggan golongan Bisnis dengan daya 1.300 VA ke atas (B-1/1.300 VA s.d B-3/> 200 kVA).
Pelanggan golongan Industri dengan daya 1.300 VA ke atas (I-1/1.300 VA s.d I-4/> 30.000 kVA ke atas).

3. Pembebasan biaya beban atau abonemen sebesar 50 persen, diberlakukan untuk 3 golongan:
Pelanggan golongan Sosial dengan daya 220 VA, 450 VA, dan 900 VA (S-1/200 VA s.d S-2/900 VA).
Pelanggan golongan Bisnis dengan daya 900 VA (B-1/900 VA).
Pelanggan golongan Industri dengan daya 900 VA (I-1/900 VA).


CARA DAPAT STIMULUS

PLN menjelaskan bahwa bagi pelanggan pascabayar, diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan. Sementara itu bagi pelanggan prabayar, diskon tarif listrik diberikan saat pembelian token listrik.

“Kami mengingatkan, khususnya kepada pelanggan 450 VA pasca bayar, mulai rekening bulan April 2021 harus kembali melakukan pembayaran. Namun tentunya dengan potongan dari stimulus sebesar 50 persen,” kata Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril, melalui keterangan resmi, Senin (22/3/2021).

Khusus untuk pembebasan biaya beban, abonemen, dan pembebasan ketentuan rekening minimum, pemberian stimulus akan diberikan secara otomatis dengan memotong tagihan rekening listrik konsumen sosial, bisnis dan industri. Potongan sebesar 50 persen hanya diberikan untuk biaya beban/abonemen dan biaya pemakaian rekening minimum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper