Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Detik-detik Kapal Raksasa Kandas dan Menutup Terusan Suez

Insiden terjadi ketika angin kencang bertiup melalui wilayah tersebut dan mengerosi pasir di sepanjang tepi kanal sepanjang 120 mil, yang menghubungkan Mediterania di utara dengan Laut Merah di selatan.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 25 Maret 2021  |  10:16 WIB
Kapal induk tengah melintas Terusan Suez - en.wikipedia.org
Kapal induk tengah melintas Terusan Suez - en.wikipedia.org

Bisnis.com, JAKARTA - Pelayaran global mengalami gangguan setelah kapal kontainer Ever Given yang memiliki berat 220.000 ton dan panjang 400 meter kandas di dekat ujung selatan Terusan Suez pada pagi hari, Selasa (23/3/2021).

Hingga Kamis (24/3/2021), kapal yang tersangkut di sisi Terusan Suez tersebut belum disingkirkan. Alhasil, gangguan ini membuat lalu lintas kapal kargo menuju Eropa dari Asia atau Afrika, dan sebaliknya, terganggu.

Dikutip dari Bloomberg, insiden terjadi ketika angin kencang bertiup melalui wilayah tersebut dan mengerosi pasir di sepanjang tepi kanal sepanjang 120 mil, yang menghubungkan Mediterania di utara dengan Laut Merah di selatan. Alhasil, jalur airnya semakin sempit - lebarnya kurang dari 675 kaki (205 meter) di beberapa tempat - dan sulit dinavigasi jika visibilitas buruk.

Namun, kapal Ever Given milik perusahaan pelayaran Evergreen di ketahui tetap berada di jalurnya melalui terusan tersebut dalam perjalanan ke Rotterdam dari Tiongkok. Saat hembusan yang mencapai setinggi 46 mil per jam menyapu debu di sekitarnya, awak kapal kehilangan kendali dan kapal itu berbelok ke samping ke tanggul berpasir, menghalangi hampir keseluruhan saluran.

Ketika kejadian tersebut terjadi, ada dua pilot memandu di atas kapal. Otoritas Terusan Suez akan mengirimkan tim khusus untuk membantu evakuasi kapal yang kandas tersebut.

Berikut ini adalah video yang mengambarkan detik-detik kapal Ever Given tersangkut dan kandas di Terusan Suez.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

terusan suez Kapal Kontainer

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top