Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Erick Thohir Rombak Direksi Pelindo I-IV, Dirut Ikut Dicopot!

Menteri BUMN Erick Thohir melakukan perombakan pada jajaran direksi Pelabuhan Indonesia I-IV, hingga mencopot posisi dirut Pelindo 1 dan Pelindo III.
Menteri BUMN Erick Thohir./Antara
Menteri BUMN Erick Thohir./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian BUMN melakukan perombakan pada sejumlah posisi direksi, termasuk direktur utama, dari operator pelabuhan pelat merah, yakni PT Pelabuhan Indonesia I (Persero), PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), dan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero).

Berdasarkan akun Instagram resmi Pelindo I yang dikutip Bisnis.com, Selasa (16/3/2021), Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Prasetyo untuk mengisi jabatan direktur utama, menggantikan Dani Rusli Utama. Adapun, nama yang disebut pertama sebelumnya menjabat sebagai Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo I. Posisi tersebut kini diisi oleh Joko Noerhudha.

"Selamat dan sukses atas dilantiknya Jajaran Direksi PT Pelabuhan Indonesia I, dimana terhitung Senin, 15 Maret 2021, Bapak Prasetyo menjabat sebagai Direktur Utama, serta Bapak Joko Noerhudha menjabat sebagai Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis PT Pelabuhan Indonesia I," tulis akun @pelindo1 yang diunggah, Senin (15/3/2021).

Alhasil, jajaran direksi dari Pelindo I adalah sebagai berikut:

- Direktur Utama : Prasetyo
- Direktur Keuangan : Roy Leonard
- Direktur Teknik : Hosadi Apriza Putra
- Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis : Joko Noerhoedha
- Direktur Operasi dan Komersial : Ridwan Sani Siregar
- Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum: Henry Naldi

Sementara, pada Pelindo II atau IPC perombakan terjadi pada posisi direktur keuangan. Posisi Yon Irawan digantikan oleh Mega Satria yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan PT Bukit Asam (Persero) Tbk.

"Kami mengucapkan Selamat dan Sukses atas bergabungnya Bapak Mega Satria Direktur Keuangan IPC yang baru. Semoga dapat terus melanjutkan transformasi IPC menuju Ekosistem Pelabuhan Kelas Dunia dan memberikan karya terbaiknya untuk bangsa dan negara," tulis akun @indonesiaportcorp yang diunggah, Senin (15/3/2021).

Berikut adalah jajaran direksi dari Pelindo II:
- Direktur Utama : Arif Suhartono
- Wakil Direktur Utama: Hambra 
- Direktur Keuangan : Mega Satria
- Direktur Komersial: Rima Novianti
- Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis : Ogi Rulino
- Direktur Teknik : Zuhri Iryansyah
- Direktur Operasi: Muarip
- Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum : Ihsanuddin Usman

Erick Thohir juga melakukan penggantian posisi Direktur Utama Pelindo III. Jabatan yang diemban U. Saefudin Noor harus dicopot dan menunjuk Boy Robyanto sebagai penggantinya. Adapun, Boy sebelumnya menjabat sebagai Direktur Teknik Pelindo III.

Jabatan direktur teknik kemudian diisi oleh Kokok Susanto yang sebelumnya adalah Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo III. Selanjutnya, posisi Kokok digantikan oleh Yon Irawan, Mantan Direktur Keuangan Pelindo II.

Formasi lengkap jajaran Direksi Pelindo III:

- Direktur Utama : Bob Robyanto
- Direktur Keuangan : Endot Endrardono
- Direktur Operasi dan Komersial : Putut Sri Muljanto
- Direktur Teknik : Kokok Susanto
- Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) : Edi Priyanto
- Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis : Yon Irawan

Selanjutnya, Kementerian BUMN resmi mengangkat Ady Sutrisno sebagai Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menggantikan alm. M. Asyhari.

Hal tersebut sehubungan dengan telah ditetapkannya Keputusan Menteri BUMN Selaku Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelabuhan Indonesia IV Nomor SK-78/MBU/03/2021 pada 15 Maret 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelabuhan Indonesia IV.

Corporate Secretary PT Pelindo IV Dwi Rahmad Toto mengatakan pengangkatan Ady Sutrisno yang sebelumnya menjabat sebagai General Manager (GM) PT Pelindo IV Cabang Terminal Petikemas Makassar (TPM), untuk menggantikan M. Asyhari yang meninggal dunia pada 10 Januari 2021.

“Sebelumnya, jabatan Direktur SDM dipegang oleh Almarhum M. Asyhari dan sekarang resmi dijabat oleh Ady Sutrisno setelah dilakukan penyerahan SK secara virtual pada hari ini [Senin, 15 Maret 2021],” ujarnya melalui siaran pers, Senin (15/3/2021).

Berikut susunan Direksi PT Pelindo IV yang baru:

- Direktur Utama : Prasetyadi
- Direktur Keuangan : Choirul Anwar
- Direktur Teknik : Prakosa Hadi Takariyanto
- Direktur Operasi dan Komersial : M. Adji
- Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis : I M. Herdianta
- Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) : Ady Sutrisno

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper