Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pendiri Zoom Transfer 6 Miliar Dolar Sahamnya

Namun, dokumen pengajuan tidak menyebutkan penerima saham, yang dimiliki oleh Grantor Retained Annuity Trust, atau GRAT, dimana Yuan adalah wali amanatnya.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 09 Maret 2021  |  20:37 WIB
Aplikasi zoom
Aplikasi zoom

Bisnis.com, JAKARTA - Eric Yuan, pendiri dan CEO Zoom Video Communications Inc., mengalihkan lebih dari sepertiga sahamnya di perusahaan itu.

Menurut pengarsipan, Yuan menghadiahkan hampir 18 juta saham perusahaan teknologi konferensi itu minggu lalu. Saham tersebut bernilai sekitar US$6 miliar, berdasarkan harga penutupan Jumat (5/3).

Namun, dokumen pengajuan tidak menyebutkan penerima saham, yang dimiliki oleh Grantor Retained Annuity Trust, atau GRAT, dimana Yuan adalah wali amanatnya.

"Distribusi tersebut konsisten dengan praktik perencanaan khas Yuan," kata juru bicara Zoom dalam sebuah pernyataan, dilansir Bloomberg, Selasa (9/3/2021).

Yuan bergabung dengan miliarder dunia lainnya yang baru-baru ini mentransfer saham, termasuk taipan Hong Kong Li Ka-shing, yang bulan lalu memberikan sebagian dari kepemilikan Zoom-nya kepada anaknya. Jeff Bezos, orang terkaya di dunia, telah menyumbangkan saham Amazon.com Inc. untuk mendukung janji US$10 miliar yang dibuat tahun lalu untuk memerangi perubahan iklim.

Yuan menjadi salah satu orang terkaya di dunia karena permintaan akan produk utama Zoom meroket selama pandemi. Sahamnya melonjak hampir 400 persen tahun lalu, tetapi telah merosot 7,8 persen sepanjang 2021.

Menurut Bloomberg Billionaires Index, Yuan merupakan orang terkaya ke-130 dunia dengan kekayaan bersih sebelum transfer saham senilai US$15,1 miliar, meningkat US$9,2 miliar sejak Maret lalu. Perusahaan juga memberikan keuntungan besar bagi pemegang saham lainnya, termasuk Chase Coleman dari Tiger Global Management dan investor Taiwan Samuel Chen.

Lahir di China, Yuan mengalami delapan kali penolakan pengajuan visa sebelum akhirnya lolos dan pindah ke Silicon Valley. Yuan merupakan mantan karyawan awal dari grup konferensi video saingannya, WebEx Communications, yang mendirikan Zoom pada 2011. Yuan sebagian terinspirasi oleh tantangan dalam menjaga hubungan jarak jauh ketika ia masih kuliah.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

daftar miliarder Zoom Video Communications
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top