Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perhatian, Goweser! Sepeda Dikenakan SPT Pajak

Bagi masyarakat yang membeli sepeda impor, maka wajib memasukan sepeda tersebut dalam SPT pajak.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 01 Maret 2021  |  13:45 WIB
Sepeda akan dikenakan SPT Pajak. - ilustrasi
Sepeda akan dikenakan SPT Pajak. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan memasukkan sepeda dalam daftar harta di Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) dengan kode harta 041.

Mengutip dari Instagram resmi Indonesia Baik @indonesiabaik.id pada Senin (1/3/2021), sepeda adalah salah satu barang kena pajak yang merupakan objek Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

"Apabila seseorang membeli sepeda dari toko dalam negeri, maka pembeli akan dikenakan PPN dengan tarif sebesar 10 persen dari harga jual," kata Harry Prapto dalam artikel resmi pajak.go.id, seperti dikutip Bisnis.com, Senin (1/3/2021).

Sementara, apabila pembeli melakukan pembelian sepeda dari luar negeri atau impor, selain PPN 10 persen, maka pembeli juga dikenakan bea masuk atas pembelian sepeda tersebut.

Sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 199/PMK010/2019 tentang Ketentuan Kepabeanan, Cukai, dan Pajak Atas Impor Barang Kiriman. Dalam ketentuan tersebut menyebutkan, apabila setiap barang impor yang bernilai US$3 atau lebih dikenakan bea masuk sebesar 7,5 persen dari harga jual.

Apabila pembeli sepeda membawa sendiri sepedanya dari luar negeri, maka ketentuan tersebut diatur dalam PMK-203/PMK.04/2017 tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Barang yang Dibawa oleh Penumpang dan Awak Sarana Pengangkutan.

"Barang pribadi penumpang dengan nilai pabean paling banyak FOB US$500 per orang diberikan pembebasan bea cukai," tulis @indonesiabaik.id.

Lebih lanjut, apabila nilai sepeda yang dibeli lebih besar dari US$500 maka akan dipungut bea masuk 10 persen dari pembelian.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pajak sepeda SPT
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top