Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Resmikan Bendungan Napun Gete di NTT

Jokowi menyatakan pemerintah membangun tujuh bendungan di Provinsi NTT, dari target tersebut tiga bendungan di antaranya telah selesai dibangun.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 23 Februari 2021  |  16:46 WIB
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meresmikan Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Selasa 23 Februari 2021 / Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meresmikan Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Selasa 23 Februari 2021 / Youtube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (23/2/2021). Ini merupakan bendungan ketiga di provinsi itu yang diresmikan Jokowi.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, hari ini saya resmikan Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka Provinsi Nusa Tenggara Timur,” kata Jokowi melalui saluran Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (23/2/2021).

Dia mengatakan bahwa provinsi itu mengalami masalah pada ketersediaan air. Oleh karena itu, pemerintah membangun tujuh bendungan di sejumlah kabupaten di NTT.

Bendungan pertama yang telah selesai adalah Bendungan Raknamo di Kupang pada 2018, disusul Bendungan Rotiklot di Kabupaten Belu pada 2019. Teranyar bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka.

“Tinggal empat dalam proses, tapi tadi pagi Gubernur [NTT] menyampaikan kepada saya minta tambah dua lagi padahal provinsi yang lain paling banyak itu dua atau satu [bendungan], tapi ya memang di sini dibutuhkan,” ujarnya.

Sementara itu, bendungan Napun Gete dibandun di atas lahan seluas 99 hektare. Bendungan itu dapat menampung air hingga 11,2 juta meter kubik dan bisa mengaliri 300 hektare area di sekitarnya.

Jokowi mengatakan bahwa berdirinya bendungan merupakan sebuah lompatan yang tidak kecil karena mampu mendongkrak produktivitas masyarakat.

“Kalau nanti satu persatu bendungan selesai, saya meyakini Insya Allah dengan gubernur dan wakil gubernur yang baik, dengan bupati-wakil bupati yang baik memimpin rakyatnya, menggiring semuanya untuk produktif. Saya yakin tidak lama lagi NTT akan makmur dan tidak menjadi provinsi yang kategorinya kalau di negara kita masih pada kondisi yang kurang. Kita lihat nanti. kalau bendungannya sudah selesai,” paparnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi bendungan
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top