Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Boeing Sarankan Penangguhan B777-200, Kemenhub: Punya Garuda Beda

Boeing Co. akhirnya merekomendasikan penangguhan pesawat seri Boeing 777-200 setelah insiden meledaknya mesin pesawat milik maskapai asal Amerika Serikat itu.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 22 Februari 2021  |  22:17 WIB
Petugas Garuda Indonesia Maintenance Facilities (GMF AeroAsia) memeriksa hidrolik pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 - 300ER. - Antara/Muhammad Iqbal
Petugas Garuda Indonesia Maintenance Facilities (GMF AeroAsia) memeriksa hidrolik pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 - 300ER. - Antara/Muhammad Iqbal

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan menegaskan bahwa pesawat Boeing yang dioperasikan Garuda Indonesia berbeda dengan pesawat milik United Airlines yang meledak baru-baru ini.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati memastikan Garuda Indonesia saat ini tak mengoperasikan Boeing 777-200. Perusahaan pelat merah memang menjadi satu-satunya maskapai yang menggunakan Boeing 777, tetapi  jenis Boeing 777-300 ER.

“Saat ini Garuda adalah satu-satunya operator yang mengoperasikan B777 di Indonesia. Perlu diketahui bahwa mesin yang dipakai di US (Amerika) dan di Indonesia (Garuda) berbeda,” ujarnya saat dihubungi Tempo, Senin (22/2/2021).

Seperti diketahui, perusahaan Boeing Co. akhirnya merekomendasikan penangguhan pesawat seri Boeing 777-200 setelah insiden meledaknya mesin pesawat milik maskapai asal Amerika Serikat itu.

Adita memastikan bahwa belum ada kebijakan penangguhan untuk pengoperasian Boeing 777 seri 300 ER. Meski demikian, Adita mengatakan Kementerian terus melakukan koordinasi dengan Garuda Indonesia terkait perawatan pesawat Boeing-nya.

“Kami terus melakukan koordinasi dan monitoring intensif dengan Garuda Indonesia,” tutur Adita.

Mesin Boeing 777-200 milik United Airlines meledak di tengah penerbangan pada Sabtu pekan lalu. Boeing lantas langsung merekomendasikan maskapai-maskapai penerbangan yang memakai jenis serupa untuk menahan penggunaannya.

Penangguhan ini khususnya untuk Boeing 777-200 yang menggunakan mesin Pratt & Whitney PW4000. Sementara itu, pihak Dewan Keamanan Transportasi Nasional (NTSB) akan menginvestigasi penyebab meledaknya mesin.

Saat ini ada tiga negara yang maskapainya menggunakan Boeing tipe 777-200. Ketiganya adalah Amerika, Jepang, Korea Selatan. Di Amerika, hanya maskapai United Airlines yang menggunakan tipe pesawat tersebut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Garuda Indonesia Kemenhub boeing

Sumber : Tempo

Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top