Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mantap! Meski Pandemi, PT DI Kembangkan Pesawat Amfibi

Tahun depan Kemenhub akan membeli satu pesawat N219 untuk kegiatan kalibrasi atau perintis dari PT Dirgantara Indonesia.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 22 Februari 2021  |  08:31 WIB
PT Dirgantara Indonesia (Persero) mengirim langsung (Ferry Flight) satu Pesawat Terbang NC212i Troop Transport pesanan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dengan pengguna akhir TNI Angkatan Udara dari Hanggar Delivery Center PTDI, Bandung, Selasa (26/1/2021).  - Antara/Humas PTDI
PT Dirgantara Indonesia (Persero) mengirim langsung (Ferry Flight) satu Pesawat Terbang NC212i Troop Transport pesanan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dengan pengguna akhir TNI Angkatan Udara dari Hanggar Delivery Center PTDI, Bandung, Selasa (26/1/2021). - Antara/Humas PTDI

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapreasiasi inovasi dan konsistensi PT Dirgantara Indonesia yang terus berkarya walau di tengah pandemi Covid-19, salah satunya dengan mengembangkan sea plane (pesawat amfibi).

Menurut Menhub, Indonesia sebagai negara kepulauan sangat membutuhkan sea plane, baik untuk pergerakan manusia, barang, maupun sebagai daya tarik wisata.

“PT DI sudah melakukan suatu karya seperti pesawat yang lama N325, lalu ada N212, dan sekarang ini ada N219 yang cocok untuk dioperasikan di wilayah 3TP [tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan] seperti di Papua," ujar Budi melalui siaran pers, Senin (22/2/2021).

Budi menyebut bahwa sekitar 50 persen wilayah Papua didominasi penerbangan perintis yang landasannya tidak lebih dari 800 meter sehingga bisa memanfaatkan pesawat seperti N219.

"Insyaallah tahun depan kami sudah bisa beli satu pesawat N219 untuk kegiatan kalibrasi atau perintis,” tuturnya.

Lebih lanjut, Budi berujar bahwa PT DI memiliki sumber daya manusia dengan keterampilan yang baik. Oleh karena itu, SDM PT DI harus terus berkarya untuk menciptakan peluang-peluang agar semakin maju.

Bukan itu saja, dirinya juga mendorong penggunaan produk dalam negeri pada sektor penerbangan yaitu dengan meningkatkan tingkat komponen dalam negeri pada proyek-proyek di sektor transportasi, termasuk mendorong industri penerbangan nasional serta pelaku usaha dalam negeri, dan mendukung karya anak bangsa seperti pesawat N219 untuk digunakan sebagai pesawat komersial perintis maupun kegiatan lainnya.

"Sebagaimana arahan Bapak Presiden, kita harus mendukung produk-produk dalam negeri untuk berkembang. Semoga apa yang kita lakukan bisa memberikan suatu quick win yang nanti akan menjadi suatu kemenangan yang besar bagi kita, untuk Indonesia maju,” tutupnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pesawat terbang pt dirgantara indonesia
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top