Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Nestle Jual Bisnis Air Mineral di AS dan Kanada, Ada Apa Nih?

Penjualan ke One Rock, yang bermitra dengan Metropoulos & Co., melibatkan merek-merek termasuk Poland Spring, Pure Life, dan Deer Park.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 17 Februari 2021  |  16:21 WIB
Kantor Pusat Netsle di Vevey, Swiss.  - Nestle
Kantor Pusat Netsle di Vevey, Swiss. - Nestle

Bisnis.com, JAKARTA - Nestle SA, produsen makanan-minuman terbesar di dunia, setuju untuk menjual bisnis air minum dalam kemasannya di Amerika Serikat dan Kanada kepada perusahaan ekuitas swasta, One Rock Capital Partners senilai US$ 4,3 miliar.

Langkah itu dalam upaya meningkatkan fokus perusahaan pada produk yang tumbuh lebih cepat. Penjualan ke One Rock, yang bermitra dengan Metropoulos & Co., melibatkan merek-merek termasuk Poland Spring, Pure Life, dan Deer Park.

Adapun, produk air kemasan premium internasional Nestle seperti Perrier, San Pellegrino dan Acqua Panna, tidak menjadi bagian dari kesepakatan itu.

Dengan divestasi label yang kurang menguntungkan, Chief Executive Officer Mark Schneider mempertajam fokusnya pada operasi dengan margin lebih tinggi dengan potensi pertumbuhan yang lebih besar. Langkah ini juga mengurangi keterpaparan Nestle ke bisnis yang menuai kritik karena mencemari dan menggunakan cadangan air yang berharga.

Raksasa dari Swiss ini telah memperbaiki portofolionya dan mendivestasikan asetnya sejak Schneider mengambil alih pada 2017, karena ia berfokus pada area seperti kopi dan makanan hewan sambil menjauhi makanan ringan.

Penjualan air kemasan telah berjuang untuk pulih di tengah penurunan jumlah makan di restoran dan perjalanan selama pandemi.

"Penilaian itu sangat menarik untuk bisnis yang berkinerja buruk seperti itu. Hasil akan diinvestasikan dalam bisnis dengan keuntungan lebih tinggi," kata Jean-Philippe Bertschy, seorang analis di Bank Vontobel AG, dilansir Bloomberg, Rabu (17/2/2021).

Penjualan air adalah langkah pemangkasan terbesar kedua Schneider, setelah divestasi 10,2 miliar franc dari bisnis perawatan kulit. Perusahaan telah memangkas bisnisnya di AS, pasar terbesarnya, menjual merek permen di sana dan mendirikan usaha patungan untuk es krim.

Bisnis air minum Nestle di Amerika Utara menghasilkan penjualan sekitar 3,4 miliar franc (US$ 3,8 miliar) pada 2019, tidak termasuk merek internasional.

Perusahaan telah berjanji untuk menjadikan seluruh portofolio airnya netral karbon pada 2025.

Adapun, investor One Rock, miliarder Dean Metropoulos dikenal karena menghidupkan kembali merek-merek seperti Hostess Twinkies, Pabst Blue Ribbon, Bumble Bee Tuna, dan Chef Boyardee. One Rock berfokus pada apa yang disebutnya bisnis pasar menengah berpotensi tinggi, dengan investasi melalui tiga dana.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

air minum nestle

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top