Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bos SWF Ridha Wirakusumah: Kami Cari Dana Modal, Bukan Pinjaman

CEO SWF Indonesia Ridha Wirakusumah menegaskan akan menciptakan iklim investasi yang baik sehingga para investor dapat masuk ke Indonesia dengan lebih nyaman dan yakin.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 16 Februari 2021  |  13:42 WIB
Ketua Dewan Direktur Lembaga Pengelola Investasi atau Indonesia Investment Authority (INA) Ridha Wirakusumah / Sekretariat Presiden RI
Ketua Dewan Direktur Lembaga Pengelola Investasi atau Indonesia Investment Authority (INA) Ridha Wirakusumah / Sekretariat Presiden RI

Bisnis.com, JAKARTA - Ridha Wirakusumah resmi ditunjuk sebagai CEO Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia atau dikenal Indonesia Investment Authority (INA). Dia menekankan lembaga ini tidak untuk mencari pinjaman.

Direktur Utama PT Bank Permata Tbk. itu resmi ditunjuk menjadi CEO SWF Indonesia oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam menjalankan tugasnya, dia dibantu oleh empat direktur lainnya serta Dewan Pengawas.

Ridha menegaskan akan menciptakan iklim investasi yang baik sehingga para investor dapat masuk ke Indonesia dengan lebih nyaman dan yakin. Upaya ini perlu untuk membangun Indonesia di masa depan.

“Yang ingin saya tekankan adalah yang kami cari itu adalah dana modal bukan dana pinjaman. Dana yang kalau bisa value added dan yang tentunya juga dari sumber-sumber yang governence yang baik, bersih,” kata Ridha di Jakarta, Selasa (16/2/2021).

Selain itu, Ridha menargetkan dana yang masuk ke SWF dapat dijadikan dana abadi. Pun begitu, direksi akan lebih dulu membangun fondasi SWF dengan lebih profesional.

“Paling penting menurut saya menciptakan rumah yang utuh dengan profesionalisme yang tinggi dengan setting governance yang betul-betul kuat dipandu oleh Dewan Pengwas kami lalu dengan policy yang akan kita set up juga,” tuturnya.

Ke depan, SWF Indonesia akan melihat berbagai proyek potensial yang dapat mengundang investor. Dia juga akan berkonsultasi dengan para Dewan Pengawas termasuk Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Erick Thohir.

“Tentunya kita akan lihat secara seksama untuk memastikan bahwa proyek itu betul-betul bisa membawa good return for us dan juga para investor,” paparnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi lpi SWF Indonesia Ridha Wirakusumah
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top