Menlu Retno Undang Jepang Setor Dana ke SWF Indonesia

Menlu Retno mengundang Jepang turut berkontribusi dalam Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia.
Menlu Retno Marsudi/Kemlu
Menlu Retno Marsudi/Kemlu

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah mengundang Jepang turut berkontribusi dalam Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia. Ajakan itu disampaikan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi saat melawat ke Tokyo, Jepang, Selasa (30/3/2021).

Dia menjelaskan, undangan itu disampai Menlu saat melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Jepang Motegi Toshimitsu. Agenda ini adalah pertemuan langsung pertama selama pandemi Covid-19.

“Pada kesempatan pertemuan bilateral dengan Menlu Jepang, saya juga mengundang partisipasi Jepang dalam Sovereign Wealth Fund Indonesia,” kata Retno saat konferensi pers dari Tokyo, Selasa (30/3/2021).

Dia menjelaskan, pembicaraan awal dengan Japan Bank for International Cooperation (JBIC) sudah dilakukan. Indonesia mengharapkan agar implementasinya dapat segera dilakukan.

Di sisi lain, kedua Menlu juga membahas sejumlah isu kawasan dan dunia. Adapun, kedua negara memiliki keprihatinan yang sama melihat perkembangan situasi di Myanmar.

Indonesia, kata Retno, menolak keras penggunaan kekerasan oleh aparat keamanan yang menyebabkan jatuhnya lebih dari 100 korban meninggal. Jumlah itu terdata hingga 27 Maret 2021.

“Hal ini tidak dapat diterima. Penggunaan kekerasan harus segera dihentikan sehingga korban tidak berjatuhan kembali. Dialog harus terus diupayakan. Hanya melalui dialog Myanmar akan dapat menyelesaikan masalah mereka,” ujarnya.

Retno bersama Menteri Pertahanan Prabowo berkunjung ke Negeri Sakura juga untuk menghadiri 2+2 meeting. Pertemuan ini dilakukan antarkedua Menlu dan Menhan. Sejumlah isu dibahas termasuk investasi dan pertahanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Rayful Mudassir
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper