Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Peringati Hari Pers, Pelindo 1 Gandeng PWI

Kerja sama tersebut merupakan bentuk dari peran serta dunia usaha sebagai pemangku kepentingan pers nasional.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 09 Februari 2021  |  22:02 WIB
Pelabuhan Batu Ampar di Batam, Kepulauan Riau. - Pelindo I
Pelabuhan Batu Ampar di Batam, Kepulauan Riau. - Pelindo I

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I bersinergi dengan Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalisme wartawan Indonesia.

Terkait dengan hal ini, Pelindo 1 memfasilitasi penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan jurnalisme dan kepelabuhanan.

Sinergi tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) yang ditandatangani oleh Direktur Utama Pelindo 1 Dani Rusli Utama dan Ketua Umum PWI Atal S Depari dalam acara puncak Hari Pers Nasional 2021 pada Selasa (9/2/2021) di Jakarta.

SVP Sekretariat Perusahaan Imron Eryandy mengungkapkan pers merupakan pilar keempat demokrasi. Sebagai pemangku kepentingan, pihaknya merasa perlu untuk turut menjaga keberadaan peran media.

"Kami juga terpanggil untuk mendukung pengembangan jurnalisme di Tanah Air, sebagai upaya bersama mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini juga sebagai sinergi Pelindo 1 dengan insan pers dalam memberikan informasi-informasi korporasi kepada khalayak,” terangnya, Selasa (9/2/2021).

Menurut Imron, dalam MoU tersebut, terdapat beberapa bentuk dukungan Pelindo 1 dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalisme wartawan Indonesia.

Pertama, mendukung sumber daya penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan jurnalisme serta pelatihan terkait kepelabuhanan yang diperlukan. Perseroan juga mendukung pelaksanaan kegiatan media literacy (melek media) melalui serangkaian diskusi dan bedah kasus penerapan kode etik jurnalistik.

Ketua Umum PWI Atal S Depari menyampaikan apresiasinya atas komitmen yang disampaikan oleh Pelindo 1. Kerja sama tersebut merupakan bentuk dari peran serta dunia usaha sebagai pemangku kepentingan pers nasional.

"Selain meningkatkan kompetensi wartawan terhadap kesadaran profesinya, wartawan juga harus memiliki keterampilan jurnalistik serta informasi tentang ilmu lainnya untuk mendukung dalam kegiatan jurnalistik. Kesepahaman ini dapat menjadi sarana yang bisa dimanfaatkan untuk memberi nilai tambah kepada masing -masing pihak,” Kata Atal.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hari pers nasional pt pelindo i
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top