Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sempat Terendam Banjir, Begini Kondisi Terkini Bandara Ahmad Yani

Bandara Ahmad Yani di Semarang sudah mulai dibuka untuk melayani penerbangan secara normal pada Minggu pagi (7/1/2021) setelah ditutup operasionalnya pada Sabtu (6/2/2021) akibat landasan pacu yang tergenang banjir.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 07 Februari 2021  |  11:48 WIB
Bandara Ahmad Yani Semarang.  - Bisnis.com
Bandara Ahmad Yani Semarang. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Bandara Ahmad Yani di Semarang sudah mulai dibuka untuk melayani penerbangan secara normal pada Minggu pagi (7/1/2021) setelah ditutup operasionalnya pada Sabtu (6/2/2021) akibat landasan pacu yang tergenang banjir.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto mengatakan seluruh penerbangan dari dan menuju bandara berkode SRG tersebut telah dibuka sejalan dengan landasan pacu atau runway yang telah bisa digunakan.

Menurutnya bandara tersebut telah bisa difungsikan secara normal untuk seluruh penerbangan yang dijadwalkan pada hari ini tanpa harus secara bertahap.

“Saat ini runway sudah bisa digunakan statusnya per pk.06.00 WIB pagi notice to airmen [notam] sudah dibuka,” ujarnya kepada Bisnis.com, Minggu (7/2/2021).

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dijadwalkan untuk meninjau simpul-simpul transportasi seperti bandara, stasiun, pelabuhan, dan terminal yang terdampak banjir di Kota Semarang, Jawa Tengah. Menhub telah bertolak dari Jakarta menuju Semarang pada Minggu (7/2) pukul 08.30 WIB.

“Saya mendapat laporan bahwa Bandara Ahmad Yani Semarang mulai Minggu pagi ini sudah bisa digunakan dengan catatan tertentu. Oleh karena itu saya ingin mengecek kondisi terkini di Bandara dan juga di Stasiun dan Pelabuhan,” ujarnya.

Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang ditutup sementara atau tidak beroperasional hari ini, Sabtu 6 Februari 2021, akibat genangan yang tak kunjung surut pada landasan pacu karena hujan sejak semalam. Selain itu, hujan semalaman juga mengakibatkan jalan akses menuju bandara juga tergenang banjir.

Keputusan penutupan operasional Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang hari ini berdasarkan notice to airmen (NOTAM) terbaru nomor Nomor B0182/21 Notamr B0181/21 yang menyatakan bahwa landas pacu Bandara Semarang ditutup selama satu hari penuh hingga Minggu, 7 Februari 2021 pukul 06.00 WIB.

Notam tersebut merupakan pembaruan notam sebelumnya yang menyatakan runway Bandara Semarang ditutup sementara hingga pukul 14.00 WIB hari ini.

Penutupan runway ini berdampak terhadap seluruh penerbangan dari dan menuju Bandara Semarang hari ini. Terdapat total 21 penerbangan yang dibatalkan (cancel flight) yang terdiri dari 10 keberangkatan dan 11 kedatangan.

Selain itu, terdapat satu penerbangan pagi yang pendaratannya dialihkan (divert) ke Bandara Juanda Surabaya yaitu penerbangan Garuda Indonesia GA 232 dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta yang awalnya dijadwalkan mendarat di Bandara Semarang pada 08.20 WIB.

Tim di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang telah mengeringkan landas pacu dengan menggunakan 54 pompa di 5 pump house seiring dengan melakukan pemantauan terhadap ketinggian air. Kondisi di area terminal saat ini cukup kondusif dan tidak terjadi penumpukan.

Melihat akses jalan menuju bandara yang masih terendam banjir, tim petugas Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang juga berupaya mengakomodir calon penumpang yang telah berada di bandara untuk dapat keluar bandara dengan mengantar ke depan Museum Ronggowarsito menggunakan truk Lanumad.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banjir bandara ahmad yani semarang
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top