Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Akad KPR FLPP Tak Lagi Tertunda, Pengembang Lega

Apernas Jaya Andre Bangsawan mengungkapkan sudah bisa dilakukan akad KPR rumah subsidi. Tertundanya akad FLPP yang dilatarbelakangi SBUM belum cair membuat devoloper bisa mengalami kerugian.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 29 Januari 2021  |  23:01 WIB
Ilustrasi perumahan bersubsidi  -  Kementerian PUPR
Ilustrasi perumahan bersubsidi - Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA – Proses akad Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR FLPP) tak lagi tertunda.

Ketua Umum DPP Aliansi Pengembang Perumahan Nasional (Apernas) Jaya Andre Bangsawan mengungkapkan sudah bisa dilakukan akad KPR rumah subsidi.

"Akhirnya seluruh perbankan yang ditunjuk menyalurkan dana FLPP sudah bisa akad kemarin. Sudah ada pemberitahuan dari perbankan khususnya BTN bahwa akad KPR FLPP sudah bisa," ujarnya pada Jumat (29/1/2021).

Andre menyebutkan perumahan yang dibangun perusahaannya, Arsol Group, di Gorontalo, pekan depan akan melakukan akad. Dengan diperbolehkannya akad, lanjutnya, target penyaluran KPR FLPP tahun ini tidak terganggu.

Masalah sempat muncul ketika pemerintah belum menerbitkan Subsidi Bantuan Muka (SBUM) untuk program pembiayaan rumah bersubsidi. Masih tertundanya SBUM juga memicu penundaan proses akad KPR FLPP.

Pasalnya, Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempersyaratkan agar proses pencairan akad KPR FLPP menunggu SBUM diterbitkan.

Tertundanya akad FLPP yang dilatarbelakangi SBUM belum cair membuat devoloper bisa mengalami kerugian.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis properti perumahan flpp rumah subsidi
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top