Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Jurus KAI Genjot Pendapatan Tahun Ini

KAI telah menyiapkan strategi untuk meningkatkan pendapatan di masa pandemi Covid-19.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 26 Januari 2021  |  16:51 WIB
Jajaran direksi PT Kereta Api Indonesia berkunjung ke Bisnis Indonesia, Senin (18/5/2020) .JIBI - Bisnis/Dedi Gunawan
Jajaran direksi PT Kereta Api Indonesia berkunjung ke Bisnis Indonesia, Senin (18/5/2020) .JIBI - Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI akan membangun kerja sama yang sinergis pada 2021 ini dan terbuka untuk melakukan kerja sama dengan berbagai pihak guna menghasilkan nilai tambah.

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan langkah kolaboratif akan KAI lakukan di antaranya pada angkutan barang. KAI akan melakukan optimalisasi angkutan dan menjalin kerja sama baru dengan para pelaku usaha untuk meningkatkan volume angkutan barang.

Selain itu, dari sisi pengusahaan aset, KAI akan menawarkan naming rights stasiun untuk memberikan kesempatan kepada mitra yang ingin melakukan branding stasiun yang KAI kelola dengan brand atau produknya. Bentuk kerja sama seperti itu sudah diterapkan pada Stasiun BNI City di Jakarta.

“Selain itu, KAI akan melakukan pemasaran space di stasiun, periklanan di KAI Access, dan pengikatan kerja sama fiber optik dan pipa gas di jalur KA,” katanya, Selasa (26/1/2021).

Selain itu, lanjutnya, langkah kolaboratif untuk pengamanan aset berupa tanah dan bangunan tetap dilakukan pada tahun ini. Langkah itu berupa pendekatan secara persuasif kepada para penghuni agar mau melakukan kontrak sewa, penertiban bekerja sama dengan aparat penegak hukum seperti Kejaksaan untuk supervisi dan pendampingan, dan pensertifikatan bekerja sama dengan Kementerian ATR/BPM RI dan Jajaran Kantor BPN.

Diharapkan pada 2021 KAI dapat memberikan kontribusi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di sektor transportasi dan logistik dengan semangat adaptif, solutif, dan kolaboratif untuk Indonesia.

"KAI harus survive di tengah pandemi. Agar perusahaan bisa sustainable, kami tetap melakukan berbagai upaya untuk mengoptimalkan pendapatan dari berbagai lini bisnis yang KAI kelola. Bangkitnya KAI juga akan turut membantu pemulihan ekonomi nasional,” tekannya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top