Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kabupaten Lingga Siap Resmikan Pabrik Pakan, Air Minum & Politeknik

Pemerintah Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, bakal meresmikan tiga fasilitas strategis pada triwulan I/2021. Ketiga fasilitas itu ialah Politeknik Lingga, pabrik air minum dalam kemasan, dan pabrik pakan ikan.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 15 Januari 2021  |  17:14 WIB
Perkebunan sagu terbesar berada di Meranti. ANTARA
Perkebunan sagu terbesar berada di Meranti. ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, bakal meresmikan tiga fasilitas strategis pada triwulan I/2021. Ketiga fasilitas itu ialah Politeknik Lingga, pabrik air minum dalam kemasan, dan pabrik pakan ikan.

Plt. Bupati Lingga M. Nizar mengatakan ketiga proyek strategis itu telah dirintis sejak beberapa tahun terakhir. Saat ini proses persiapan akhir terus dilakukan, sebelum diresmikan dalam dalam waktu dekat.

"Jadi ada pabrik air minum di Daik, Pulau Lingga, sementara Politeknik dan pabrik pakan ternak di Dabo, Pulau Singkep. Air minum dan pakan akan dikelola oleh BUMD,” ujarnya kepada Bisnis, Jumat (15/1/2021).

Nizar menuturkan Politeknik Lingga akan menerima mahasiswa pada tahun ini setelah semua urusan administratif diselesaikan. Politeknik Lingga menjadi satu-satunya politeknik yang langsung memiliki tiga program studi yakni perikanan, peternakan dan pertanian.

Selain itu, Politeknik Lingga juga bakal terintegrasi dengan pabrik pakan ikan yang berlokasi berdampingan dengan sekolah tinggi tersebut. Hal itu akan

sangat membantu pengembangan pakan, sektor perikanan dan peternakan di Lingga.

"Kami menggunakan sagu sebagai bahan pokok karena di Lingga banyak sagu," katanya.

Nizar melanjutkan untuk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Daik, pihaknya telah mengantongi izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). AMDK Daik, klaimnya, memiliki kualitas yang sangat baik karena berasal dari mata air Gunung Daik.

Menurutnya, kehadiran ketiga fasilitas strategis itu akan membantu pengembangan sektor pendidikan, perikanan, peternakan di Kabupaten Bunda Tanah Melayu.

"Kami ingin pembangunan bisa langsung dirasakan masyarakat," imbuhnya.

Kabupaten Lingga memiliki satu badan usaha milik daerah yakni PT Pembangunan Selingsing Mandiri. BUMD ini menjalankan tiga bidang usaha yakni Air Minum dalam Kemasan, Pengolahan Tepung Ikan dan Pengolahan Pakan Ikan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sagu Pabrik pakan ikan
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top