Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PGN Targetkan Penyelesaian Proyek Infrastruktur Strategis 2021-2023

PGN juga akan menyediakan gas bagi pemenuhan seluruh Kilang Pertamina.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 11 Januari 2021  |  15:13 WIB
Petugas mengawasi pipa gas PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN). Istimewa - PGN
Petugas mengawasi pipa gas PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN). Istimewa - PGN

Bisnis.com, JAKARTA — PT Perusahaan Gas Negara Tbk. menargetkan penyelesaian proyek-proyek infrastruktur strategis pada tahun ini hingga 2023.

Pada tahun ini PGN menargetkan untuk menyelesaikan sejumlah proyek di antaranya adalah pipa minyak Rokan, pipa transmisi di Sumatra bagian utara dan tengah, pipa integrasi South Sumatra West Java (SSWJ)-West Java Area (WJA), pipa pemanfaatan gas untuk petrokimia, pipa transmisi di Kalimantan, pipa transmisi di Jawa Tengah dan distribusi Kendal–Semarang–Demak, serta pipa untuk pelanggan industri, komersial dan rumah tangga (jargas).

SVP Corporate Communication and Investor Relation PT Pertamina (Persero) Agus Suprijanto menjelaskan bahwa PGN juga akan menyediakan gas bagi pemenuhan seluruh kilang Pertamina. Salah satu target pada 2021 adalah penyelesaian program gasifikasi kilang di Balongan.

Dia menuturkan bahwa saat ini gasifikasi Kilang Balongan eksisting telah dipenuhi melalui penyaluran gas dari PT Pertamina EP dan PT Pertamina Hulu Energi melalui pipa PT Pertamina Gas. Pemenuhan kebutuhan untuk jangka panjang sesuai dengan RJPP PGN melalui pembangunan interkoneksi pipa SSWJ dan WJA yang akan diselesaikan pada semester I/2021.

Pembangunan infrastruktur gas untuk memenuhi kebutuhan Kilang Balikpapan dalam jangka panjang melalui pipa gas Senipah–Balikpapan dan gasifikasi Kilang Cilacap akan dilakukan dengan memanfaatkan portofolio PGN dalam mengelola LNG.

“Pada proyek ini, PGN sedang menyiapkan pembangunan LNG Receiving Terminal Cilacap yang ditargetkan beroperasi pada Semester II/2022," ujarnya melalui siaran pers, Senin (11/1/2021).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PGN Proyek Strategis
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top