Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PGE dan PLN GG Joint Study Kembangkan Panas Bumi

PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) dan PT PLN Gas dan Geothermal (PLN GG) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Joint Study untuk Pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi, Rabu (30/12/2020).
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 01 Januari 2021  |  16:30 WIB
UGI yang berlokasi di PGE Area Ulubelu, Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung menampilkan berbagai informasi.  - Pertamina
UGI yang berlokasi di PGE Area Ulubelu, Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung menampilkan berbagai informasi. - Pertamina

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) dan PT PLN Gas dan Geothermal (PLN GG) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Joint Study untuk Pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi, Rabu (30/12/2020).

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan secara virtual oleh PTH Direktur Utama PGE Eko Agung Bramantyo dan Direktur Utama PLN GG Moh. Riza Affiandi.

CEO Subholding Power & New Renewable Energy Pertamina Heru Setiawan menyambut baik kesepakatan ini. Dengan adanya kesepakatan ini, kedua beah pihak akan mengadakan joint study untuk melakukan kajian pengembangan dan optimalisasi pemanfaatan energi panas bumi di wilayah kerja PGE dan PLN, yang dimulai dari Area Ulubelu, Lampung; dan Area Lahendong, Sulawesi Utara.

“Kami berharap sinergi yang dilakukan PGE dan PLN ini dapat memberikan dampak yang positif untuk perkembangan panas bumi di Indonesia,” ujar Heru, dikutip dari laman resmi Pertamina, Jumat (1/1/2021).

Nota kesepahaman ini bertujuan untuk menyinergikan potensi masing-masing perusahaan di dalam pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di wilayah kerja PGE dan PLN.

PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) telah membangun sarana edukasi panas bumi di beberapa area operasinya, tidak terkecuali Area Ulubelu.

UGI yang berlokasi di PGE Area Ulubelu, Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung menampilkan berbagai informasi. Di antaranya, proses bisnis panas bumi, perangkat survei, alat pelindung diri dan mini theater yang memutar video animasi tentang energi panas bumi.

Selain di Ulubelu, PGE juga mengembangkan pusat informasi serupa di Area Lahendong dengan Geothermal Education Center (GEC). Sedangkan Area Kamojang sudah lebih dulu menjadi pionir pusat informasi geothermal Indonesia dengan nama Geothermal Information Center (GIC).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

geothermal pertamina geothermal energy
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top