Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

​LIPI Bagikan Alat Penyembuh Pasien Covid-19 Tanpa Stress

Ketakutan dan stress yang terjadi pada pasien Covid-19 ternyata lebih hebat pengaruhnya daripada penyakit itu sendiri. Alat terapi oksigen bertekanan tinggi bisa membantu pasien cepat sembuh tanpa alat yang mengganggu.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 24 Desember 2020  |  09:36 WIB
HFNC telah dikembangkan sejak awal masa pandemi tatkala kebutuhan akan ventilator meningkat bagi perawatan pasien Covid-19.  - LIPI
HFNC telah dikembangkan sejak awal masa pandemi tatkala kebutuhan akan ventilator meningkat bagi perawatan pasien Covid-19. - LIPI

Bisnis.com, JAKARTA - Ketakutan dan stress yang terjadi pada pasien Covid-19 ternyata lebih hebat pengaruhnya daripada penyakit itu sendiri. Alat terapi oksigen bertekanan tinggi bisa membantu pasien cepat sembuh tanpa alat yang mengganggu.

Ketakutan dan stres membuat semangat melawan penyakit menjadi menurun sehingga memengaruhi imun tubuh. Pada pasien yang mengalami penurunan saturasi oksigen pada tingkat tertentu biasanya harus menggunakan alat ventilator yang dipasang melalui selang yang masuk ke trakea (tenggorokan), ini menimbulkan sensasi dan pengalaman tidak nyaman bagi pasien.

Walhasil, pasien semakin stress dan ini berbahaya bagi imun tubuh untuk sembuh melawan Covid-19. “High Flow Nasal Cannula (HFNC) ini bisa membantu menaikan saturasi oksigen dan pasien cepat sembuhnya tidak perlu alat yang mengganggu,” kata Direktur Rumah Sakit Advent Bandung Roy D. Sarumpaet, Rabu (23/12/2020).

HFNC adalah alat terapi oksigen beraliran tinggi yang dikembangkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), yang sebagian di antaranya dihibahkan kepada Rumah Sakit Advent Bandung.

Roy dan tim dokter penanganan Covid-19 di RS Advent Bandung mengamati bahwa memastikan psikologis pasien tetap positif adalah hal krusial untuk menjaga kemampuan tubuh bangkit dan sembuh dari Covid-19. Hal ini diamini oleh, salah satu dokter spesialis penanganan Covid-19 di RS Advent Bandung, Ackly Agu.

Ackly menyaksikan bagaimana HFNC mampu meningkatkan secara signifikan saturasi oksigen pasien yang telah menurun dalam tempo waktu yang relatif cepat. “Saturasi dari 60 persen kemudian naik hingga 80 persen, cepat sekali. Dengan HFNC langsung kelihatan hanya dalam hitungan berapa menit cepat naik dan pasien lebih nyaman,” paparnya.

Deputi bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI Agus Haryono mengatakan tujuan hibah alat HFNC ini adalah untuk memberikan bantuan kepada petugas medis dalam rangka penanganan pandemi Covid-19. Hal ini sekaligus merupakan bentuk diseminasi hasil inovasi kegiatan Covid-19 di LIPI kepada masyarakat pengguna.

Dirinya berharap masyarakat bisa memanfaatkan hasil-hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh para peneliti LIPI sehingga hasil LIPI betul-betul mampu menjawab kebutuhan masyarakat. “Terutama para pasien Covid-19 yang membutuhkan penanganan, dengan menggunakan alat terapi oksigen beraliran tinggi (HFNC),” tuturnya.

Kepala Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi LIPI Budi Prawara menjelaskan bahwa HFNC telah dikembangkan sejak awal masa pandemi tatkala kebutuhan akan ventilator meningkat bagi perawatan pasien Covid-19.

Para peneliti LIPI berinovasi dengan memprakarsai HFNC hingga saat ini telah tersebar lebih dari 600 unit di seluruh Indonesia. Alat HFNC ini juga telah lolos uji dari Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan serta mengantongi izin edar dari Kementerian Kesehatan.

Alat HFNC juga merupakan salah satu produk unggulan Bakti Inovasi Indonesia yang dicetuskan oleh Kemenristek/BRIN. “Semoga satu unit HFCN ini bisa bermanfaat untuk digunakan oleh masyarakat khususnya yang dirawat di RS. Advent ini,” harapnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ventilator pasien sembuh COVID-19
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top