Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Konsep Kota Pintar dan Berkelanjutan Subang Smartpolitan

Subang Smartpolitan berdiri di atas lahan 2.700 hektare dengan pengembangan tahap pertama 400 hektare termasuk kawasan industri, residensial serta komersial.
Rencana pembangunan kawasan Subang Metropolitan./Istimewa
Rencana pembangunan kawasan Subang Metropolitan./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Setelah sukses mengembangkan kawasan industri Suryacipta City of Industry di Karawang, Surya Internusa Group melalui anak usahanya, yakni PT Suryacipta Swadaya meluncurkan pembangunan kawasan kota mandiri masa depan yang berkonsep kota pintar dan berkelanjutan bertajuk Subang Smartpolitan.

Subang Smartpolitan yang berada di kawasan Rebana Metropolitan ini telah menjadi incaran para pelaku bisnis dari dalam dan luar negeri yang akan mengembangkan usaha mereka di Indonesia khususnya di koridor timur Jawa Barat.

Presiden Direktur Surya Internusa Group Johannes Suriadjadja mengatakan bahwa Subang Smartpolitan a city made from future berkonsep pintar dan berkelanjutan.

“Kami bangun kota mandiri berkualitas yang selaras dengan visi perusahaan yakni Building a Better Indonesia. Subang Smartpolitan akan menjadi kota modern penuh kreativitas yang memberikan kontribusi bukan hanya pada kota Subang, melainkan juga untuk Indonesia,” ujarnye melalui siaran pers, Rabu (23/12/2020).

Subang Smartpolitan, menurutnya, menyediakan infrastruktur berbasis internet of things dan perencanaannya mengedepankan teknologi dan sistem perkotaan yang efisien dan terintegrasi sehingga bisa menjadi contoh ideal bagi pengembangan kota mandiri selanjutnya di Indonesia. 

VP Sales & Marketing PT Suryacipta Swadaya Abednego Purnomo menjelaskan bahwa definisi berkelanjutan pada konsep pintar dan berkelanjutan tidak hanya berkiblat kepada ramah lingkungan. Berkelanjutan dalam konteks ini juga diartikan bahwa setiap investasi atau bisnis yang dilakukan di Subang Smartpolitan berjalan berkesinambungan.

“Pengalaman kami selama 31 tahun di Suryacipta City of Industry di Karawang, kami telah tingkatkan dengan mengadopsi teknologi terkini guna mengedepankan efisiensi dan efektifitas dalam berinvestasi. Sebagai contoh di mana nantinya investor dapat memonitor dan mengontrol operational di Subang Smartpolitan dari kantor mereka di Jakarta, atau bahkan dari kantor pusat mereka di negara asal.”

Subang Smartpolitan juga menerapkan konsep ramah lingkungan (green technology) seperti pengolahan limbah cair waste water treatment plant (WWTP) yang dimonitor secara ketat sehingga tidak menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan akibat aktivitas industri di Subang Smartpolitan.

VP Investor Relations & Corporate Communications PT Surya Semesta Internusa Tbk. (SSIA) Erlin Budiman mengatakan bahwa Subang Smartpolitan berdiri di atas lahan 2.700 hektare dengan pengembangan tahap pertama 400 hektare termasuk kawasan industri, residensial serta komersial sehingga menjadikan kawasan ini sebagai cikal bakal kota mandiri masa depan yang tepat untuk aktivitas bekerja, tinggal, belajar, serta hiburan.

“Ada dua rumah sakit yang sedang dalam tahap penjajakan, selain itu juga akan dibangun shopping mall, factory outlet, fasilitas hiburan dan olahraga. Dalam kawasan juga akan terdapat danau dan suasana asri dari pepohonan dan taman yang menambah nyaman suasana. Semua kita rencanakan secara matang dan ditargetkan pembangunan tahap pertama rampung dalam 5 tahun” kata Erlin.

Subang Smartpolitan merupakan pelopor di Rebana Metropolitan, yang memiliki akses langsung melalui tol Cikampek—Palimanan (Cipali), Pelabuhan Patimban, Bandara Kertajati, serta kereta cepat yang bisa dijangkau dengan mudah dari Jakarta.

Pembangunan akses tol dari KM 89 Cipali menuju kawasan Subang Smartpolitan yang juga membuka akses langsung ke Pelabuhan Patimban akan dirampungkan pada 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Zufrizal
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper