Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Vaksin Covid-19 Gratis, Kapan Vaksinasi Dimulai? Ini Kata Jokowi

Jokowi mengungkapkan bahwa yang akan diprioritaskan untuk menerima vaksin ialah para dokter dan perawat yang berjuang melawan pandemi Covid-19.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 17 Desember 2020  |  10:04 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers terkait vaksin Covid/19 di Istana Merdeka, Rabu, 16 Desember 2020 / Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers terkait vaksin Covid/19 di Istana Merdeka, Rabu, 16 Desember 2020 / Youtube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan bahwa vaksin Covid-19 akan diberikan secara gratis kepada masyarakat. Hal itu disampaikan Jokowi di hadapan puluhan pelaku usaha mikro dan kecil di halaman tengah Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Rabu (16/12/2020).

"Saya hanya ingin titip agar kita ini dalam kondisi seperti ini harus tahan banting, tahan uji, tahan terhadap tekanan-tekanan yang sulit sehingga nanti pada satu titik normal kita bisa kembali pada omset keuntungan seperti pada keadaan normal," kata Jokowi, Rabu (16/12/2020).

Jokowi menyatakan kondisi normal ini bisa terjadi kalau program vaksinasi sudah dilaksanakan. Dia pun memberi penjelasan kepada para pelaku UMK bahwa vaksin Covid-19 sebenarnya sudah ada di Indonesia.

"Vaksinnya sudah ada, tapi vaksinasinya akan dimulai di bulan Januari 2021," ujarnya.

Jokowi mengungkapkan bahwa yang akan diprioritaskan untuk menerima vaksin ialah para dokter dan perawat yang berjuang melawan pandemi Covid-19. Kemudian, TNI-Polri yang menjaga kedaulatan dan keamanan negara.

"Setelah itu bisa ke para guru dan nanti semuanya bisa mendapatkan vaksinasi gratis. Jangan ada yang pikir, wah [vaksin] bayar. Itu gratis," papar Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan bahwa bantuan modal kerja Rp2,4 juta kepada pelaku usaha mikro dan kecil diberikan untuk meringankan beban yang dirasakan mereka semasa pandemi ini.

"Hari ini saya serahkan bantuan modal kerja dalam rangka memberikan tambahan kepada Bapak/Ibu semuanya dalam rangka membantu karena situasi Covid yang sangat sulit. Saya kira semua yang hadir di sini merasakan itu," ujarnya.

Presiden menjelaskan, situasi yang dialami tersebut tidak hanya terjadi di Indonesia saja, melainkan juga dirasakan oleh sebagian besar negara-negara di dunia. Kepala Negara berharap agar para pelaku usaha, khususnya usaha mikro dan kecil.

Dia pun berharap pelaku UMK dapat tetap menjalankan usahanya dan tetap menjaga semangat berusaha hingga nanti keadaan berangsur normal.

Untuk diketahui, dalam acara penyerahan kali ini hadir para pelaku usaha mikro dan kecil yang berasal dari DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu.

Sebagian besar dari mereka menjalankan aktivitas sebagai pedagang kaki lima, pedagang keliling, pedagang pasar, dan pedagang rumahan. Sebelum hadir menerima bantuan dari Presiden, mereka telah melalui uji kesehatan yang diperlukan serta menerapkan protokol kesehatan ketat selama acara berlangsung.

Selain memberikan bantuan modal kerja, Presiden Joko Widodo juga mengajak para pelaku usaha mikro dan kecil untuk mulai beralih dengan memanfaatkan perkembangan teknologi untuk dapat mengembangkan usaha mereka.

Presiden mengatakan bahwa di tengah situasi pandemi saat ini yang mengharuskan orang-orang untuk sebisa mungkin tetap berada di rumah, perilaku konsumen mengalami perubahan dengan lebih sering memanfaatkan pasar daring untuk berbelanja dan memenuhi kebutuhan mereka. Hal tersebut harus mulai dapat dilihat secara jeli dan berupaya menyambut peluang perubahan yang ada.

"Saya mengajak semua untuk yang pengusaha mikro, kecil, dan menengah itu mulai belajar untuk masuk ke online. Barangnya apapun," ucapnya.

Turut hadir mendampingi Presiden dalam acara penyerahan tersebut ialah Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi usaha mikro vaksinasi Vaksin Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top