Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bisnis Properti Membaik, Sektor Konstruksi Ikut Ketiban Rejeki

Bisnis konstruksi akan mengikuti perkembangan bisnis properti. Gapensi berharap vaksin Covid-19 efektif sehingga bisnis properti bergerak dan roda bisnis konstruksi pun berputar.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 16 Desember 2020  |  21:57 WIB
Ilustrasi kegiatan konstruksi. - Bloomberg
Ilustrasi kegiatan konstruksi. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Sektor jasa konstruksi dinilai akan mendapatkan dampak positif dari kebijakan pembagian vaksin Covid-19 gratis yang rencananya dijalankan pemerintah pada tahun depan.

Wakil Sekjen II Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Errika Ferdinata menjelaskan sejumlah sektor yang saat ini lesu, dinilai akan bergairah dan kembali tumbuh setelah adanya pembagian vaksin gratis.

"Harapan kami dengan adanya anggaran pemulihan ekonomi, dan juga pembagian vaksin gratis tahun depan itu bisa menggerakkan semua sektor. Seperti pariwisata dan properti kalau ini bergerak positif setelah pembagian vaksin, tentu saja jasa konstruksi ikut bergerak," ujarnya kepada Bisnis pada Rabu (16/12/2020).

Menurutnya, bila pandemi mulai reda setelah adanya vaksin, permintaan perjalanan wisata akan tumbuh yang diiringi dengan permintaan jasa penginapan serta properti.

Kemudian dengan meningkatnya perjalanan wisata dan akomodasi tersebut, sektor jasa konstruksi sebagai penopang atau pendukung juga akan dilibatkan.

"Bisa membantulah, karena jika ada beberapa sektor naik, ekonomi naik, tentu sektor konstruksi naik, karena konstruksi sebagai supporting jelas di industri pariwisata dan properti ini," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memastikan vaksin Covid-19 akan diberikan secara gratis kepada masyarakat.

Jokowi mengatakan bahwa hal itu dilakukan setelah pemerintah menerima banyak masukan dari masyarakat terkait program vaksinasi.

"Setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang dan perhitungan ulang mengenai keuangan negara dapat saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis, sekali lagi gratis tidak dikenakan biaya sama sekali," ujar Jokowi dalam tayangan di Youtube Setpres, Rabu (16/12/2020).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

konstruksi bisnis properti
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top