Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siap Tangani Distribusi Vaksin Covid-19, Ini Strategi JAS Airport Service

Fasilitas cold chain yang dimiliki setiap Cargo Terminal Operator (CTO) menjadi aspek penting dalam kesatuan mata rantai logistik sebelum akhirnya didistribusikan kepada masyarakat.
Vaksin Covid-19 buatan Sinovac yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Minggu malam, 6 Desember 2020./Istimewa
Vaksin Covid-19 buatan Sinovac yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Minggu malam, 6 Desember 2020./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Jasa Angkasa Semesta Tbk. (JAS Airport Service) meningkatkan kapasitasnya dalam rantai pasok dingin atau cold chain guna mengantisipasi peningkatan kiriman produk farmasi dan vaksin Covid-19.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), cold chain adalah sistem penyimpanan dan pengangkutan vaksin/obat-obatan dengan suhu tertentu yang direkomendasikan yang dimulai dari titik produksi hingga titik penggunaan.

Komisaris Utama JAS Herman Prayitno mengatakan rantai pasok dingin ini biasanya melibatkan tiga komponen utama infrastruktur yaitu pesawat terbang, truk, dan gudang penyimpanan yang dingin.

Vaksin Covid-19 dan produk farmasi biasanya memerlukan suhu dan prosedur penanganan yang berbeda karena sifatnya yang mudah rusak karena panas, cahaya, atau dingin yang berlebihan. 

Dengan demikian, fasilitas cold chain yang dimiliki setiap Cargo Terminal Operator (CTO) menjadi aspek penting dalam kesatuan mata rantai logistik sebelum akhirnya didistribusikan kepada masyarakat.

"Untuk mengantisipasi kedatangan vaksin Covid-19 dan produk farmasi lainnya dalam jumlah besar, JAS telah mulai mengidentifikasi sejumlah penambahan fasilitas cold chain," ungkapnya, Selasa (8/12/2020).

Saat ini, JAS memiliki total 11 fasilitas penyimpanan dingin dalam gudang impor maupun ekspor dengan temperatur terkontrol mulai dari -2C hingga -25C (untuk ruang freezer), 2C hingga 8C (untuk ruang chiller) dan 15C hingga 25C (untuk ruang dingin/cold rooms).

JAS berencana untuk meningkatkan fasilitas penyimpanan dingin dan peralatan yang sudah ada. Salah satunya adalah perluasan area pendingin tertutup (Enclosed Refrigerated Area) menjadi sekitar 2062.5 m3 dengan temperatur 15°C - 25°C. 

Tujuan utamanya untuk penyimpanan produk farmasi dan aktivitas e-Facilitation seperti pemilahan ulang, pengemasan ulang dan pelabelan ulang untuk distribusi.

Selain itu, JAS juga akan menambahkan jalur antrian pendingin (Refrigerated Queue Lanes) dengan kisaran temperatur 15°C - 25°C untuk memastikan agar jalur yang dilewati oleh produk farmasi ini tetap terjaga suhunya mulai dari awal turun pesawat.

JAS juga melakukan pengadaan selimut termal (thermal blanket) yang nantinya dibutuhkan untuk menutupi palet yang membawa produk farmasi.

Di luar rencana penambahan fasilitas dan peralatan, JAS tengah mengikuti prosedur untuk mendapatkan sertifikasi IATA CEIV Pharma. 

IATA mengeluarkan sertifikasi CEIV Pharma ini untuk membantu perusahaan ground handling dan seluruh rantai pasokan kargo udara demi memenuhi kebutuhan industri akan keselamatan, keamanan, kepatuhan, dan efisiensi yang lebih tinggi.

Sertifikasi IATA CEIV Pharma tersebut penting untuk memastikan integritas produk farmasi di seluruh rantai pasokan. 

"JAS nantinya akan menjadi Cargo Terminal Operator [CTO] pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi IATA CEIV Pharma. Tujuannya jelas, selain kepatuhan terhadap regulasi dan standar internasional, JAS akan diakui secara global dan dinyatakan siap untuk menangani produk farmasi secara konsisten," jelasnya.

Herman yang juga merupakan mantan KASAU, Dubes, dan Komisaris Utama Angkasa Pura II ini menambahkan validasi IATA CEIV Pharma ini diharapkan selesai pada Maret 2021.

"Namun di luar itu, JAS sudah memiliki sertifikasi GDP [Good Distribution Practices] dari WHO semenjak tahun  2014," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper